get app
inews
Aa Read Next : Gempa Kembali Guncang Laut Jawa M5,2, Tidak Berpotensi Tsunami

Gempa Tuban, BNPB: Puluhan Bangunan Rusak dan 5 KK Terdampak

Jum'at, 22 Maret 2024 | 17:47 WIB
header img
Gempa Tuban dengan kekuatan M6,5 menyebabkan puluhan bangunan berupa rumah, balai desa, rumah sakit hingga sekolah rusak dan 5 KK terdampak. Foto: Ist

GRESIK, iNewsGresik.id - Gempa Tuban dengan kekuatan M6,5 menyebabkan puluhan bangunan berupa rumah, balai desa, rumah sakit hingga sekolah rusak dan 5 KK terdampak.

Tercatat gempa hari ini terakhir terjadi dengan parameter update dengan magnitudo M6,5 pada Jumat 22 Maret 2024 pukul 15.52.58 WIB. Episenter gempabumi terletak pada koordinat 5,92° LS ; 112,35° BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 114 Km arah Timur Laut Tuban, Jawa Timur pada kedalaman 12 km.

Sementara itu, Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG, Daryono melaporkan gempa bumi ini merupakan bagian rangkaian gempabumi Laut Jawa M6,0 yang terjadi pada pukul 11:22:45 WIB. “Hingga pukul 16.15 WIB, hasil monitoring BMKG menunjukkan adanya 22 (dua puluh dua) aktivitas gempabumi,” ungkap dalam keterangan resminya.

Gempabumi ini berdampak dan dirasakan di Pulau Bawean dengan intensitas V-VI MMI (Getaran dirasakan oleh hampir semua penduduk, barang-barang atau pajangan terpelanting, terjadi kerusakan ringan), daerah Blora, Madura, Gresik, Surabaya, Kab. Banjar dengan skala intensitas III-IV MMI (Bila pada siang hari dirasakan oleh orang banyak dalam rumah ).

 

Daerah Mojokerto, Banjar Baru, Sampit, Banjarmasi, Martapura, Balikpapan, Tanah Grogot, Malang, Lumajang, Madiun, Nganjuk, Pasuruan, Jepara, Rembang, Demak, Kudus, Semarang dengan skala intensitas II-III MMI ( Getaran dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seakan akan truk berlalu ), dan daerah Yogyakarta, Kulon Progo, Kebumen, Temanggung, Blitar dan Solo  dengan skala intensitas II MMI ( Getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang ).

“Berdasarkan laporan dari masyarakat gempabumi ini menimbulkan kerusakan di Pulau Bawean. Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempabumi ini tidak berpotensi tsunami,” ujar Daryono.  

Editor : Vitrianda Hilba Siregar

Follow Berita iNews Gresik di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut