get app
inews
Aa Read Next : Pasca Lebaran, Petrokimia Gresik Jamin Stok Pupuk Bersubsidi Aman

Jelang Lebaran 2024, Harga Bahan Pokok Penting di Jawa Timur Relatif Stabil

Selasa, 09 April 2024 | 18:49 WIB
header img
Tim Satgas Pangan Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Ditreskrimsus) Polda Jatim, melakukan pengecekan pasokan dan stabilisasi harga Bahan Pokok Penting (Bapokting) di sejumlah pasar

iNewsGresik.id - Menjelang perayaan hari raya Idul Fitri 2024, harga kebutuhan pokok penting (Bapokting) di sejumlah wilayah di Jawa Timur relatif stabil

Kondisi ini, terpantau setelah Tim Satgas Pangan Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Ditreskrimsus) Polda Jatim, melakukan pengecekan pasokan dan stabilisasi harga Bahan Pokok Penting (Bapokting) di sejumlah pasar tradisional dan toko ritel modern. 

"Harga bahan pokok dan bahan penting di Kabupaten Gresik dan kota lain di sekitarnya, relatif stabil. Kalaupun terdapat kenaikan harga, tetapi masih dalam batas kewajaran," ujar AKBP Oki Ahadian Purwono, Kasubdit Indagsi Ditreskrimsus Polda Jatim, saat melakukan pengecekan di pasar Sidomoro dan toko ritel modern Superindo Gresik Jawa Timur, Selasa (9/4/2024).

AKBP Oki Ahadian Purwono menambahkan pihaknya bersama stakeholder terkait terus melakukan pengecekan dan pemantauan sejumlah harga barang kebutuhan pokok jelang Hari Raya Idul Fitri. 

"Pengecekkan ini, untuk mengantisipasi lonjakan harga yang tidak wajar," tandasnya.

Selain itu, pihaknya bersama seluruh tim gabungan Satgas Pangan Polres Polres Jajaran di wilkum Polda Jatim, secara kontinyu  memantau ketersediaan dan harga Bapokting di papsaran.
  
“Hasil pengecekan, harga-harga pada umumnya terkait bahan pangan Bapokting itu seperti beras, daging ayam, daging sapi, telur ayam, dan gula relatif sangat stabil,” ungkapnya, Selasa (9/4/2024). 

Masih kata AKBP Oki, untuk harga beras relatif stabil dan bahkan berangsur mengalami penurunan. Namun, demikian masih ada bahan pangan yang sedikit mengalami kenaikan tetapi masih dalam batas yang wajar seperti gula.

“Jadi, kami antisipasi jangan sampai terjadi lonjakan harga yang tidak wajar, karena adanya permainan. Namun sampai saat ini, dari hasil pantauan dan sidak kami untuk harga masih sangat terkendali dan relatif stabil,” lanjutnya. 

Pihaknya menegaskan, tim gabungan Satgas Pangan Polda Jatim akan terus menjaga ketersediaan Bahan Pokok Penting yang ada di wilayah Jawa Timur.

“Kami akan melakukan pengecekan terus selama menjelang dan pasca lebaran, jadi dari hari ini sampai seterusnya kita akan lakukan pengecekan secara berkala walaupun nanti Lebaran sudah selesai,” jelasnya. 

“Semoga kegiatan satgas pangan polda jatim beserta dengan jajaran dapat memberi manfaat buat masyarakat, guna menjamin ketersediaan serta dapat membantu menjaga stabilitas harga bapokting menjelang H-1 Hari Raya Lebaran 1445 H,” pungkasnya.

Editor : Agus Ismanto

Follow Berita iNews Gresik di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut