get app
inews
Aa Read Next : Majalah Internal Petrokimia Gresik 'Gema' Kembali Raih Penghargaan 'Gold Winner' SPS Award 2024

Smelting Magazine Raih Penghargaan InMA di Ajang SPS Award 2024

Rabu, 01 Mei 2024 | 12:19 WIB
header img
Risty WIdihasputri, Public Relation PT Smelting saat menerima penghargaan InMA di ajang SPS Award 2024 di Jakarta

JAKARTA, iNewsGresik.id - Majalah internal PT Smelting bertajuk 'Smelting Magazine'', kembali meraih penghargaan  Inhouse Magazine (InMa) di ajang SPS Award 2024. 

Penghargaan Bronze Winneri diterima Public Relation PT Smelting Risty Widihasputri di malam anugerah SPS Award yang digelar Serikat Perusahaan Pers di Jakarta, Selasa (30/4) malam.

Penghargaan ini, menjadi tonggak prestasi bagi PT Smelting. Karena, penghargaan tersebut selalu didominasi majalah internal dari perusahaan plat merah atau BUMN.

Direktur Komersial dan Pengembangan Bisnis PT Smelting., Irjuniawan P Radjamin menjelaskan, Smelting Magazine merupakan majalah yang dikelola secara profesional oleh manajemen.

"PT Smelting meraih penghargaan karena menampilkan konten  dua bahasa yakni Bahasa Indonesia dan Bahas Inggris. Tampilan majalahnya menarik dengan kemasan gaya jurnalistik yang profesional," terang Irjuniawan.

Menurutnya, Smelting Magazine merupakan inhouse magazine yang menyajikan kegiatan industri PT Smelting maupun aktifitas comunity development, seperti kegiatan Smelting Peduli dalam membantu dan memberdayakan masyarakat sekitar. 

Menyajikan gaya komunikasi yang mudah dimengerti, tidak hanya kalangan internal yang ada ekspatriatnya namun juga masyarakat umum. "Mereka bisa menikmati sajian informasi karena gaya bahasa yang lugas dan mudah dipahami seperti media massa umum., " ungkap Irjuniawan.

Oleh karena itu, dirinya mengapresiasi pencapaian Smelting Magazine yang sudah terbit sejak tahun 2018. Sebab, Magazine Print Multinasional Company Inhouse Magazine (InMa) SPS Award ini biasanya didapat oleh perusahaan negara atau BUMN. 

"Yang pasti penghargaan ini ini diraih atas kerja keras semua tim yang terlibat dalam Smelting Magazine," tegasnya. 

Dengan penghargaan ini, lanjutnya diharapkan bisa semakin luas menyampaikan informasi kegiatan kami kepada seluruh karyawan, stakeholder dan pemerintah.

"Selanjutnya kami akan terus meningkatkan karya jurnalistik untuk menghasilkan konten yang semakin bagus dan profesional,” imbuh Irjuniawan.

Januar P Ruswita, Ketua Umum Serikat Perusahaan Pers (SPS) periode 2023-2027 dalam sambutannya mengatakan, SPS Award untuk memotivasi dan mengapresiasi para pengelola media cetalk.  

SPS Award 2024 menghadirkan beberapa kategori kompetisi, yakni: Indonesia Print Media Awards (IPMA), Indonesia inhouse Magazine Awards (InMA), Indonesia Young Readers Awards (IYRA), Indonesia Students Media Awards (ISMA), dan Indonesia Digital Media Awards (IDMA).

“Sejalan dengan perkembangan teknologi digital. Tidak hanya mengompetisikan IPMA, InMA, IYRA dan ISMA, SPS juga mengapresiasi media-media yang sudah melakukan transformasi ke platform digital, melalui IDMA, Indonesia Digital Media Award,” ungkap Januar P Ruswita pada malam penganugrahan SPS Awards 2024 di Jakarta, Selasa malam (30/4).

Januar P Ruswita menuturkan bahwa jumlah entry tahun ini meningkat dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. SPS Award 2024 sekarang ini diikuti oleh 719 entry, yang terdiri dari 299 entry kategori IPMA, 205 entry kategori InMA, 12 entry kategori IYRA, 85 entry kategori ISMA, dan 118 entry kategori IDMA.

Pada kesempatan yang sama, Sekretaris Jenderal Serikat Perusahaan Pers (SPS) Pusat Asmono Wikan menyampaikan, pihaknya sangat mengapresiasi seluruh entri SPS Awards 2024. Ada tantangan kreativitas yang dimiliki oleh setiap karya lomba dan harus ditaklukkan melalui penguatan kompetensi jurnalisme dan visual awak media.

"Kompetisi ini dirancang untuk menghasilkan karya terbaik di bidang jurnalisme media cetak dan online yang senantiasa relevan bagi kebutuhan publik audiensnya, tanpa menisbikan pendekatan jurnalisme profesional." kata Asmono yang juga Anggota Dewan Pers ini. 

“Perhelatan SPS Awards 2024 menegaskan peran pers dalam membangun demokrasi saat ini telah terimplementasikan dalam berbagai peran penting. Di mana pers tidak saja semata menjadi institusi penyebarluasan informasi bagi publik, tetapi juga merepresentasikan fungsi kontrol, fungsi kritik, sekaligus memberikan ruang bagi partisipasi publik. Pers adalah salah satu elemen penting penopang demokrasi. Maka, keberadaan pers yang sehat, baik itu sehat secara bisnis maupun produk, adalah keniscayaan, demi mewujudkan demokrasi yang kuat,” pungkas Januar P Ruswita.

Seluruh entri yang masuk akan dinilai oleh dewan juri yang berlatar belakang praktisi (ahli) di bidang desain grafis, branding, digital, media sosial, foto jurnalisme, marketing, periklanan, komunikasi massa, dan jurnalisme.

Adapun Dewan Juri SPS Awards 2024 terdiri dari 7 juri yaitu Jojo S Nugroho (Dewan Penasihat Asosiasi Perusahaan PR Indonesia), Mas Sulistyo (Creative Director DM ID Group), Asmono Wikan (Sekretaris Jenderal Serikat Perusahaan Pers (SPS) Pusat), Agus Susanto (Wartawan Foto Harian Kompas), Nia Sarinastiti (Dosen Ilmu Komunikasi dari Unika Atmajaya), Yadi Hendriana (Ketua Komisi Pengaduan Etika Pers di Dewan Pers), dan Hermanus Prihatna (Pensiun Redaktur Foto Kantor Berita Antara).

Editor : Agus Ismanto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut