get app
inews
Aa Read Next : Smelting Magazine Raih Penghargaan InMA di Ajang SPS Award 2024

MMC Dukung PT Smelting dan Taman Safari Indonesia melakukan Konservasi Satwa Dilindungi

Rabu, 22 Mei 2024 | 19:44 WIB
header img
Chairman Mitsubishi Material Corporation, Akira Takeuchi menerima kenang kenangan dari Direktur TSI Jansen Manangsang

PASURUAN, iNewsGresik.id- Kerja sama pengembangbiakan satwa dilindungi antara PT Smelting dengan Taman Safari Indonesia (TSI) Group mendapat perhatian khusus dari Mitsubishi Material Corporation (MMC), induk perusahaan Smelting. 

Chairman Mitsubishi Material Corporation, Akira Takeuchi, secara khusus meninjau  perkembangan konservasi 3 satwa terancam punah  di Taman Safari Prigen, Rabu (22/5). 

Turut mendampingi Akira Takeuchi, yakni Presdir PT Smelting, Hideya Sato, Senior Manager General Affairs, Saptohadi Prayetno dan Manager General Affairs Indra SW Junior. 

Di area kandang pengembangbiakan sapi bali dan banteng Jawa,  Akira Takeuchi dan Hideya Sato mendapatkan penjelasan langsung dari Direktur TSI Jansen Manangsang. 

TSI Prigen, kini sedang melakulkan persilangan sekaligus pengembangbiakan banteng Jawa dengan sapi bali. Program persilangan ini, berhasil melakukan inseminasi terhada 8 ekor sapi dan kini telah hamil. 

Sapi pertama anakan, hasil persilangan sapi bali dan banteng Jawa diberi nama Sakura oleh Akira Takeuchi dan diabadikan dalam prasasti. “Bulan Mei ini akan ada 4 ekor anakan. Kemudian 2 ekor di bulan Juni dan 2 ekor anakan lagi di bulan Juli,” jelas Saptohadi Prayetno, Senior Manager General Affairs PT Smelting. 

Direktur PT TSI Group, Jansen Manangsang menyampaikan apresiasi dan terima kasih atas kerjasama dan kolaborasi TSI dengan PT Smelting. Dia mendukung  PT Smelting yang memiliki kepedulian terhadap lingkungan, khususnya konservasi hayati dalam penyelamatan dan pengembangbiakan satwa langka dan dilindungi di Indonesia. 

Kerja sama yang sudah dilakukan menunjukkan hasil yang positif. Hal ini ditandai dengan keberhasilan pembiakan elang Jawa di Taman Safari Bogor. Bahkan, Elang Jawa hasil pembiakan berhasil di lepasliarkan di kawasan Gunung Gde Pangrango, Jawa Barat. 

"Kegiatan serupa juga dilakukan pada satwa endemik Pulau Komodo yakni Komodo. Pembiakan yang kami lakukan bersama PT Smelting sudah ada 6 Komodo yang dilepasliarkan di habitat aslinya di Wae Wul, NTT, " Ujar Jansen Manangsang. 

Direktur Komersial dan Pengembangan Bisnis PT Smelting Irjuniawan P Radjamin menjelaskan, kerjasama bersama TSI Group merupakan program Corporate Social Responsibility (CSR) unggulan. Selain pembiakan satwa liar yakni Elang Jawa dan komodo, pihaknya juga sedang melakukan persilangan antara banteng Jawa dengan sapi bali. 

"Persilangan antara banteng Jawa dengan sapi bali ini sudah mendapatkan hasil yakni anakan sapi bali dan banteng Jawa. Hasil persilangan ini kami harapkan bisa mendapatkan sapi unggulan yang bisa meningkatkan mutu kualitas ternak sapi terbaik, " ujar Irjuniawan. 

Chairman Mitsubishi Material Corporation, Akira Takeuchi dalam sambutannya mengatakan, pihaknya mengapresiasi kerjasama yang sudah dilakukan antara PT Smelting dengan Taman Safari Indonesia. Kerjasama ini tidak hanya mengembangbiakan satwa langka yang dilindungi namun juga sebagai upaya konservasi penyelamatan satwa. 

"Kami mendukung sekali kegiatan yang sudah dilakukan antara PT Smelting dengan Taman Safari Indonesia. Semoga kerja sama ini bisa berlanjut dalam penyelamatan satwa langka dan dilindungi, " harap Akira Takeuchi. 

Editor : Agus Ismanto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut