get app
inews
Aa Read Next : Maksimalkan Penanganan Banjir, PII Gresik Beri Bantuan Perahu Penyelamat Berbahan Limbah Industri

Optimalkan manfaat Sungai Bengawan Solo, Pemkab Gresik Perkuat Sinergi dengan BBWS

Jum'at, 20 September 2024 | 19:19 WIB
header img
Penandatanganan kerja sama strategis antara Pemkab Gresik dengan BBWS

iNewsGresik.id-Pemerintah Kabupaten Gresik terus memperkuat sinergi dengan Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Bengawan Solo dalam upaya meningkatkan pengelolaan wilayah sungai secara berkelanjutan.

Penandatanganan kerja sama strategis antara kedua belah pihak, dihadiri Plt Kepala Bagian Advokasi Biro Hukum Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) RI Agus Pramono, Kepala BBWS Bengawan Solo Maryadi Utama beserta jajarannya.

Sedangkan dari Pemkab Gresik dihadiri Wakil Bupati Gresik Aminatun Habibah, Sekretaris Daerah Kabupaten Gresik Achmad Washil Miftahul Rachman.

Kolaborasi ini bertujuan untuk mengoptimalkan manfaat Sungai Bengawan Solo dan Kali Lamong bagi masyarakat, terutama di sektor pertanian, perikanan, serta penyediaan air bersih.

Wakil Bupati Gresik, Aminatun Habibah, menyampaikan bahwa kerja sama ini sangat penting untuk mengatasi tantangan banjir dan kekeringan yang sering melanda
wilayah Gresik.

"Dengan perencanaan dan pemeliharaan yang lebih terpadu, diharapkan dampak banjir dapat terus dikurangi, sementara pemanfaatan sumber daya air dapat dilakukan secara lebih bijaksana dan berkelanjutan, "ujarnya, Jumat (20/9).

Bu Min, sapaan akrab wakil bupati Gresik menambahkan
kerja sama ini, mencakup upaya mengatasi banjir di Kali Lamong, yang selama ini menjadi masalah tahunan di wilayah Gresik.

"Kami berharap, kerjasama ini dapat menuntaskan berbagai persaoalan, di antaranya penanganan banjir Kali Lamong telah menjadi tantangan besar bagi masyarakat, terutama di musim hujan, karena sering mengakibatkan kerugian di sektor pertanian dan infrastruktur, " ungkapnya.

Kepala BBWS Bengawan Solo, Maryadi Utama, menambahkan bahwa komitmen kedua pihak mencakup perencanaan pengelolaan sungai secara menyeluruh, pembangunan infrastruktur pendukung, serta penguatan kelembagaan dan regulasi terkait pengelolaan sungai.

" Kerja sama ini diharapkan dapat menciptakan manfaat jangka panjang bagi kesejahteraan masyarakat dan kelestarian lingkungan, "ungkapnya.

Dengan sinergi yang semakin erat, lanjutnya pengelolaan Sungai Bengawan Solo diharapkan menjadi lebih efektif, dalam menjaga ekosistem maupun meningkatkan kesejahteraan masyarakat Kabupaten Gresik.

" Kami berharap kerja sama ini, semakin meningkatkan Pengelolaan Bengawan Solo, sehingga memberikan manfaat seluas-luasnya kepada masyarakat, "pungkas Maryadi Utama.

Editor : Agus Ismanto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut