get app
inews
Aa Read Next : Bupati Fandi Akhmad Yani Resmikan IPKT RSUD Ibnu Sina Gresik, Siap Layani Pasien Kanker

Bantu Warga Kurang Mampu, Pemkab Gresik Gelar Operasi Katarak Gratis

Minggu, 22 September 2024 | 20:19 WIB
header img
Tim medis memeriksa kesehatan mata warga penerima manfaat

iNewsGresik.id- Sebanyak 219 warga dari berbagai wilayah di Gresik mengikuti bakti sosial operasi katarak gratis yang digelar di RSUD Ibnu Sina Gresik. 

Sejak pagi, warga dari berbagai usia berdatangan untuk mendaftar dan menjalani serangkaian pemeriksaan kesehatan mata, meliputi tes ketajaman penglihatan, pemeriksaan retina, dan evaluasi kondisi umum kesehatan mata yang dilakukan oleh tim medis terlatih.

Kepala Dinas Sosial Kabupaten Gresik, dr. Ummi Khoiroh, menyampaikan bahwa Kegiatan ini, diinisiasi Kementerian Sosial, bekerja sama dengan Dinas Sosial, Dinas Kesehatan, RSUD Ibnu Sina Gresik, dan Persatuan Dokter Spesialis Mata Indonesia (Perdami).

"Program ini merupakan bentuk kepedulian Pemerintah Kabupaten Gresik terhadap kesehatan warganya, khususnya mereka yang kurang mampu, " ujarnya  Minggu (22/9) 

Program ini, lanjutnya merupakan salah satu upaya pemerintah untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat, terutama bagi mereka yang mengalami gangguan penglihatan akibat katarak. 

"Untuk mengikuti operasi, warga hanya perlu menunjukkan KTP dan Kartu Keluarga (KK), " ungkap dr Ummi. 

Dengan adanya program ini, warga yang sebelumnya kesulitan mendapatkan penanganan katarak karena kendala biaya berharap dapat kembali melihat dengan jelas dan menjalani aktivitas secara normal.

"Program ini merupakan salah satu langkah Pemkab Gresik dalam meningkatkan kesehatan masyarakat melalui penyediaan layanan kesehatan yang terjangkau dan berkualitas, " ungkapnya. 

Salah satu warga penerima manfaat, Siti Aminah (65), mengatakan rasa syukurnya atas kesempatan mendaparkan operasi katarakngratis.

"Saya sangat bersyukur dengan adanya operasi katarak gratis ini. Selama ini penglihatan saya kabur dan sulit untuk beraktivitas. Semoga setelah operasi, saya bisa kembali melihat dengan jelas dan beraktivitas seperti biasa."ujarnya. 

Editor : Agus Ismanto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut