get app
inews
Aa Read Next : Operasi Sadar Keselamatan, Polres Gresik Prioritaskan Edukasi Masyarakat dalam Berlalu Lintas

Selamatkan Generasi Muda, Pemdes Sekarkurung Berkolaborasi Perangi Narkoba

Kamis, 10 Oktober 2024 | 19:46 WIB
header img
Sosialisasi bertajuk "Membangun Generasi Unggul Bebas Narkoba.

iNewsGresik.id – Pemerintah Desa (Pemdes) Sekarkurung, Kecamatan Kebomas, Kabupaten Gresik, bergerak cepat dalam upaya menyelamatkan generasi muda dari ancaman narkoba.

Pemdes Sekarkurung bekerja sama dengan Badan Narkotika Nasional (BNN) Gresik, Musyawarah Pimpinan Kecamatan (Muspika) Kebomas,  menggelar sosialisasi bahaya narkoba di Balai Desa setempat, Rabu (9/10/2024).

Sosialisasi bertajuk "Membangun Generasi Unggul Bebas Narkoba. ini menghadirkan narasumber  Kepala Badan Narkotika Nasionak (BNN) Gresik, Basuki Rusdiyanto,  Camat Kebomas, Tri Joko Efendi. .

Sedangkan peserta sosialisasi melibatkan berbagai elemen masyarakat seperti pemuda Karang Taruna, Ketua RT dan RW, tokoh masyarakat, Tim Penggerak PKK, Kader Posyandu, Badan Permusyawaratan Desa (BPD), serta Pendamping Desa Sekarkurung.

Kepala Desa Sekarkurung, Subekhan, menekankan pentingnya kesadaran bersama untuk menjauhi narkoba.
Narkoba, tidak hanya merusak kesehatan fisik dan mental, tetapi juga mengganggu kehidupan sosial dan ekonomi keluarga.

“Kami berharap melalui kegiatan ini, masyarakat terutama generasi muda dapat lebih waspada dan menjauhi narkoba, demi masa depan yang lebih baik,” katanya.

Basuki Rusdiyanto, Kepala BNN Gresik, menyampaikan bahwa pemberantasan narkoba memerlukan keterlibatan aktif semua pihak.

“Narkoba adalah ancaman serius bagi generasi muda. Dengan kerja sama yang kuat dari pemerintah dan masyarakat, kita bisa menciptakan lingkungan yang bebas dari narkoba,” ujarnya.

Basuki Rusdiyanto menambahkan pemerintah desa berperan sangat penting dalam upaya pencegahan narkoba. 

"Desa adalah garda terdepan dalam menjaga ketertiban dan keamanan, termasuk pencegahan narkoba. Dengan adanya sosialisasi ini, kita bisa membangun kesadaran kolektif bahwa narkoba adalah masalah bersama." terangnya.

Sementara itu, Camat Kebomas, Tri Joko Efendi, mengingatkan pentingnya peran desa dalam pencegahan narkoba.

Melalui program sosialisasi dan partisipasi aktif warga, diharapkan dapat terbentuk komunitas yang peduli dan sadar akan bahaya narkoba.

"Oleh karena itu, Kerja sama antara aparat desa, tokoh masyarakat, dan pihak berwenang efektig untuk mengatasi peredaran dan penyalahgunaan narkoba di lingkungan desa, " harapnya.

Di tempat yang sama, Lutfi Rahman, Ketua BPD Sekarkurung, menyatakan bahwa BPD mendukung penuh segala bentuk program pencegahan narkoba.

“Kami siap bekerja sama dengan pemerintah desa dan seluruh masyarakat untuk menjaga Desa Sekarkurung agar tetap aman dan bebas dari narkoba,” jelasnya.

Acara ini diharapkan mampu memperkuat komitmen masyarakat Desa Sekarkurung dalam memerangi peredaran narkoba dan membangun generasi yang unggul serta bebas dari pengaruh buruk narkoba.

Editor : Agus Ismanto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut