get app
inews
Aa Read Next : Relawan Bakti BUMN 2023, SIG Beri Pelatihan Promosi dan Pemasaran Digital Kepada Petani Eks Tambang

Mudahkan Layanan Pembayaran Zakat, Baznas Gresik Kelola Zakat Secara Digital

Rabu, 19 Oktober 2022 | 21:21 WIB
header img
Bupati Gresik Fandi Ahmad Yani melakukan simulasi pembayaran ZIS melalui aplikasi website kantor digital. Diawali dengan membuka aplikasi browser http://kabgresik.baznas.go.id.

GRESIK, iNews.id -  Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) kabupaten Gresik terus berupaya meningkatkan pengelolaan zakat digital dengan meluncurkan aplikasi website kantor digital di Ruang Mandala Bhakti Praja Pemkab Gresik, Rabu (19/10/2022).  

Peluncuran kantor digital Gresik dihadiri Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani, Wabup Gresik Aminatun Habibah, Ketua DPRD Gresik Much Abdul Qodir, Ketua Baznas RI, Kolonel Korps Ajudan Jenderal (CAJ) (Purn) Nur Chamdani, Ketua Baznas Jatim Moh Roziqi, Ketua Baznas Gresik Muhammad Mujib dan jajaran Forkopimda Gresik. 

Ketua Baznas Gresik, Muhammad Mujib mengatakan, kantor digital merupakan inovasi pelayanan yang sudah diterapkan Baznas RI Pusat dan Baznas Jatim.  Sistem pengoperasinya langsung tersambung di Website Sistem Manajemen Informasi Baznas (SIMBA) Baznas RI Pusat.  

"Langkah ini dilakukan untuk memudahkan masyarakat melakukan pembayaran Zakat, Infaq, Shodaqoh (ZIS) secara online," ujarnya. 

Bupati Gresik, Fandi Akhmad Yani mengatakan digitalisasi dapat meningkatkan transparansi dalam pengelolaan dan penyaluran zakat, sehingga akan meningkatkan kepercayaan publik terhadap Baznas Gresik. 

"Melalui transformasi digital, diharapkan lebih efektif, efisien dan memudahkan muzaki dalam menunaikan zakatnya," ujarnya. 

Dikatakanya, semua pegawai di lingkungan Pemkab Gresik yang mendapatkan tambahan penghasilan pegawai (TPP) wajib menyalurkan zakatnya melalui Baznas Gresik. Melalui kantor digital, tentu semakin memudahkan masyarakat dan pegawai membayar zakat. 

“Transparansi digital ini, sangat membantu pelayanan zakat mendapatkan secara transparan, akuntabilitas  dan dapat dilakukan dimanapun berada, karena aplikasi website, karena bisa dilakukan menggunakan telepon genggam.

“Saya mengajak kepada seluruh lembaga zakat, diberikan lokus kemiskinan extrem. Kedepan, tahun 2023 ada gotong royong membantu membantu saudara-saudara kita yang kurang beruntung,” ungkapnya. 

Ketua Baznas Jatim, Moh Roziqi mengatakan, Baznas Gresik mengawali pelaksanaan program kantor digital, setelah Baznas Jatim.  Program kantor digital nantinya, membuka layanan zakat profesi di Lingkungan Pemkab Gresik. "Diharapkan semakin mempermudah pemerintahan dalam memberdayakan masyarakat dan mengentaskan kemiskinan," ujarnya. 
 
Ketua Baznas RI, Kolonel CAJ (Purn) Nur Chamdani mengapresiasi kinerja Baznas Gresik yang telah mencapai target pendapatan dari Pusat. “Dengan begitu, Baznas Gresik telah membantu NKRI menurunkan kemiskinan ekstrem di Indonesia khususnya Gresik,” terangnya.  

Pada peluncuran kantor digital ini, Bupati  Gus Yani melakukan simulasi pembayaran ZIS melalui aplikasi website kantor digital. Diawali dengan membuka aplikasi browser http://kabgresik.baznas.go.id. 

Setelah terbuka dilanjutkan dengan klik bayar zakat, isi data diri, jenis zakat/infaq dan nominal pembayaran yang diinginkan. Dilanjutkan dengan memilih metode pembayaran yang diinginkan dan klik bayar. 

Setelah itu,mendapatkan nomor virtual account (untuk pembayaran via bank) atau menggunakan e-money yang tersedia dan dilanjutkan dengan pembayaran. Sedangkan bukti setor zakat langsung terkirim melalui pesan WhatsApp secara otomatis. 

Peluncuran aplikasi website kantor digital ditandai dengan pemberian beasiswa Mahasiswa produktif dan Kampung  Zakat Produktif Baznas Gresik serta program bedah rumah. 
 

Editor : Agus Ismanto

Follow Berita iNews Gresik di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut