get app
inews
Aa Read Next : Lagi, Kejari Gresik Tetapkan 2 Tersangka Baru Kasus Dugaan Korupsi Bantuan UMKM Diskoperindag

Bantu UMKM Bangkit di Tengah Pandemi, Baznas Salurkan Bantuan Usaha 30 Pelaku UMKM Desa Gredek

Selasa, 18 Oktober 2022 | 17:35 WIB
header img
Sebanyak 30 pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Desa Gredek, Kecamatan Duduksampean, Kabupaten Gresik mendapat beragam bantuan usaha dari Badan Amil Zakat Nasional (Baznas), Selasa (18/10/2022)

GRESIK, iNews.id - Sebanyak 30 pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Desa Gredek, Kecamatan Duduksampean, Kabupaten Gresik mendapat beragam bantuan usaha dari Badan Amil Zakat Nasional (Baznas). Lounching pemberian bantuan bertajuk program 'kampung zakat produktif' dilakukan Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani di balai desa  setempat, Selasa (18/10/2022).

Selain memberikan bantuan modal usaha bagi 11 pelaku UMKM, program untuk mendukung perbaikan perekonomian warga juga memberikan bantuan berupa 4 unit rombong, 4 unit alat kerja, 6 unit etalase dan  5 unit bedah usaha dengan total bantuan mencapai Rp 48,5 juta.

Ketua Baznas, Muhamad Mujib, Pemkab Gresik memiliki 5 program utama, salah satunya Gresik Berdaya yang kemudian direspon Baznas dengan membuat program Kampung Zakat produktif. 

Program baru ini menjadikan 3 desa sebagai pilot projek, yakni Desa Suko, kecamatan Driyorejo, Desa Petiyin, Kecamatan Dukun dan Desa Gredek Kecamatan Duduk Sampeyan,

"Semoga bantuan ini bisa bermanfaat dan bisa memperbaiki perekonomian pelaku UMKM penerima bantuan maupun warga desa secara keseluruhan," ujarnya saat melaunching program kampung Zakat.

Muhamad Mujib berharap ke depan lebih banyak masyarakat yang bisa merasakan manfaat dari program kampung zakat.  Karena itu, pelaksanaan program kampung zakat harus berjalan baik. 

"Program ini tidak hanya memberi bantuan, tapi juga melakukan pembinaan agar program ini berkelanjutan dan berkembang," ungkapnya.

Bupati Gresik, Fandi Akhmad Yani mengapresiasi warga Desa Gredek yang tekun dan bersemangat dalam berwirausaha. UMKM yang sudah berkembang nantinya akan difasilitasi mengurus nomor induk berusaha (NIB) ke Dinas Perizinan dan Penanaman Modal.

"NIB ini penting agar produk usaha warga legal dan lebih berkembang lagi," ujarnya.

Gus Yani mengajak masyrakat lebih memilih berzakat melalui Baznas sebagai lembaga zakat milik pemerintah yang kredibilitasnya tidak diragukan lagi.

"Dengan berzakat, bersodaqoh dan infak, maka permasalahan-permasalahan yang sebelumnya macet Insya Allah jadi terbuka dan lancar," ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Desa Gredek, Bahrul Ghofar, menyampaikan rasa terimakasih kepada Bupati dan Baznas Gresik yang telah memberikan kepada pelaku UMKM di desanya."Semoga bantuan bermanfaat bagi warga dan mampu mendongkrak perekonomian warga pasca pandemi Covid-19,"," ujar Bahrul Ghofar.
 

Editor : Agus Ismanto

Follow Berita iNews Gresik di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut