Pentaskan Naskah 'Senja Putih' Teater Nusa SMANU Gresik Memukau Penonton

Agus Ismanto
.
Selasa, 22 November 2022 | 11:48 WIB
Teater Nusa SMANU Gresik sukses mementaskan 'Naskah Senja Putih' di parade teater Jatim 2022 yang digelar di gedung Cak Durasim Genteng Kali Surabaya, Minggu malam (20/11/2022).

GRESIK, iNews.id - Teater Nusa SMANU Gresik, sukses mementaskan  Naskah 'Senja Putih' di parade teater Jatim 2022 yang digelar di gedung Cak Durasim Genteng Kali Surabaya, Minggu malam (20/11/2022).

Pementasan lakon yang mengisahkan tentang dialog ibu dan anak menantikan kepulangan bapaknya di setiap senja yang sudah lama, mendapatkan Standing applause dan apresiasi para penonton.

Dialog-dialognya bernas, terkadang lucu juga sarkastis.  Musiknya tertata rapi dengan didukung tata panggung, tata busana dan tata cahaya yang artistik seakan mampu menghipnotis penonton parade teater Jatim 2022. 

Penulis dan sutradara Teater Nusa, Dicky Panca mengatakan, mementaskan lakon ini, Teater Nusa menemukan kembali performanya sebagai kelompok teater sekolah, yang menghibur sekaligus pembawa pesan kekinian. 

“Keberanian anak-anak membuat kami optimis, mereka tampil maksimal dan tidak mengecewakan. Tepuk tangan penonton menjadi saksi kerja keras kami dalam menyiapkan pertunjukan ini,” ujarnya. 

Dikatakanya, kesuksesan pementasan ini, menjadi titik awal bagi regenerasi pelaku teater, baik di kelompok teater sekolah maupun di lingkup Jawa Timur. 

“Saya melihat potensi itu dan semoga kami bisa konsisten berproses,” ujar pria yang pernah sukses menjadi penata cahaya di acara Surabaya Dance Festival. 

Salah satu Kurator Parade Teater Jawa Timur 2022,  Arief Hidayat menyatakan, kami mengapresiasi penampilan teater Nusa SMANU Gresik yang tampil percaya diri hingga memukau penonton yang menyaksikan.

“Penampilan teater Nusa mementaskan senja putih, mengingatkan metode pelatihan Stanilasky,” ucapnya, 

Arief Hidayat menambahkan, pemain muda memainkan perannya. Tidak terlalu banyak menggunakan bisnis acting dalam mengungkap muatan makna kata, tetapi lebih cenderung memainkanya dengan kedalaman emosi. 

“Lakuan Batin (Inner action Red) inilah yang menghidupkan permainan dalam membentuk suasana dan makna mengungkap kesenyapan bahasa tubuh sebagai media ungkap,” terangnya. 

Lebih lanjut Arief Hidayat mengungkapkan teater ini benar-benar menjadi ruh generasi muda di dunia teater Jatim. Mampu mengkomunikasikan keterasingan, ironitas dan dramatic tensi permainan. 
“Ini memerlukan detail harapan sutradara dan pengalaman batin aktornya,” ungkapnya. 

Dosen Program Studi Sendratasik Univerrsitas Negeri Suarabaya menambahkan penampilan teater Nusa sangat mengesankan. Mampu menggugah rasa tahu secara lebih mendalam peristiwa yang berakhir sunyi. "Sukses terus Teater Nusa dan terus semangat,” pungkasnya. 

Parade Pertujukan Teater Jawa Timur merupakan agenda tahunan yang diselenggarakan UPT Taman Budaya Cak Durasim Genteng KAli Surabaya.  Pada Tahun ini Teater Nusa menjadi satu-satunya penyaji teater yang berasal dari kelompok teater sekolah.

Teater Nusa SMANU Gresik, salah satu dari 6 grup teater yang  lolos tampil di parade teater Jatim 2022 setelah melalui tahapan seleksi dari para kurator yang sangat ketat. 

Dalam seleksinya, Para kurator menilai, 6 grup teater pilihan ini berhasil membangun paradigma seni tradisi (folklore), realis dan beberapa konsep dalam suguhan teater modern bahkan teater urban.

Editor : Agus Ismanto
Bagikan Artikel Ini