get app
inews
Aa Read Next : Atraksi Seni dan Beragam Kreativitas Warga, Semarakkan Karnaval HUT RI Desa Morobakung

Yayasan Pendidikan Hidayatus Salam Tampilkan Kekayaan Budaya Nusantara di Karnaval HUT RI

Kamis, 22 Agustus 2024 | 19:49 WIB
header img
Dewi Lajar naik kuda Jinggo semarakkan karnaval HUT KE 79 RI

wsGreaik.id  Yayasan Pendidikan Hidayatus Salam, yang memiliki lembaga pendidikan dari tingkat Paud, TK, MI, MTs dan SMA di Desa Lowayu, Kecamatan Dukun, Gresik, menggelar karnaval budaya dalam rangka merayakan Hari Ulang Tahun ke-79 Republik Indonesia. 

Karnaval ini menjadi ajang kreasi pelajar, tenaga pendidik, alumnus dan wali murid. Mereka menampilkan  kekayaan budaya Nusantara, dengan berbagai adat istiadat berbagai daerah di Indonesia. 

Selain itu, sebanyak 800 peserta karnaval juga menampilkan drum band, sosok pejuang kemerdekaan, hingga tokoh mitologi Dewi Lajar naiki Kuda Jinggo. 

Sepanjang perjalanan, para peserta menampilkan berbagai atraksi yang memukau penonton. Mereka bergerak mengikuti alunan musik pengiring yang menggema, menciptakan suasana yang hidup dan penuh energi. 

Bahkan, setiap kelompok menampilkan keunikan masing-masing, mulai dari tarian tradisional hingga aksi teatrikal yang menggambarkan perjuangan kemerdekaan. 

"Atraksi-atraksi ini tidak hanya menghibur, tetapi juga menunjukkan kekayaan budaya Indonesia yang beragam, " ujar Ketua Panitia, ustad Syarifudin. 

Ia mengapresiasi seluruh peserta yang telah berpartisipasi dalam karnaval ini. "Karnaval ini tidak hanya menjadi ajang perayaan, tetapi juga bentuk penghormatan terhadap kekayaan budaya dan sejarah Indonesia, " tegas Syarifudin. 

Senada disampaikan Fairuz Fatin Bahriyah, salah satu peserta yang mengenakan kostum Dewi Lajar. "Saya merasa bangga bisa berpartisipasi di karnaval yang mengangkat tema Bhineka Tunggal ika," ujar perempuan  Owner FFB Beauty. 

Ibu satu anak yang juga alumnus SMA Hidayatus Salam menambahkan bahwa acara ini memberikan pengalaman berharga dalam memahami dan menghargai keberagaman budaya Nusantara.

"Karnaval ini adalah kesempatan yang baik untuk mengenal lebih dekat budaya-budaya dari berbagai daerah di Indonesia, " pungkasnya. 

Editor : Agus Ismanto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut