get app
inews
Aa Read Next : Atraksi Seni dan Beragam Kreativitas Warga, Semarakkan Karnaval HUT RI Desa Morobakung

Semarak HUT RI, Warga Desa Ngembeh Menggelar Karnaval Bhineka Tunggal Ika

Senin, 19 Agustus 2024 | 20:24 WIB
header img

MOJOKERTO, iNewsGresik.id – Ratusan warga Desa Ngembeh, Kecamatan Dlanggu, Kabupaten Mojokerto berpartisipasi dalam karnaval untuk memperingati Hari Ulang Tahun ke-79 Republik Indonesia, Minggu (18/8) 

Karnaval bertajuk Bhineka Tunggal ika ini,  diikuti semua warga, mulai dari anak-anak, remaja, hingga para orang tua. Mereka mengenakan pakaian adat dari Sabang hingga Merauke. Mencerminkan  kekayaan dan keragaman budaya Nusantara. 

Peserta berkostum ala pasukan kerajaan Majapahit memimpin di depan dengan mengendarai Delman. Tepat di belakangnya, peserta berkostum adat khas masing masing daerah berbaris rapi 

Meteka berjalan beringan menempuh perjalanan sejauh 5 Kilometer. Sepanjang perjalanan masing masing peserta tak henti menampilkan atraksinya mengikuti aluman musik hingga memukau penonton.. 

Kepala Desa Ngembeh, Karsidi, menyampaikan rasa bangga dan mengapresiasi partisipasi aktif dan semangat warga dalam gelaran karnaval HUT RI

"Saya sangat bangga dan berterima kasih kepada seluruh warga Desa Ngembeh yang telah berpartisipasi dalam karnaval ini, " ujarnya.

Karsidi menambahkan semangat kebersamaan dan gotong royong warga sangat luar biasa.. "Karnaval ini bukan hanya sebagai bentuk perayaan, tetapi juga sebagai sarana untuk mempererat persatuan dan memupuk jiwa kegotong-royongan," ujar Karsidi.

Salah satu peserta karnaval, Udin mengatakan bangga bisa berpartisipaai merayakan HUT ke-79 Republik Indonesia. 

 "Saya sangat senang bisa ikut karnaval ini. Selain bisa merayakan HUT RI, saya juga bisa belajar dan mengenal lebih banyak tentang budaya Indonesia." ujarnya. 

Senada disampaikan, Mat Sami'an, salah satu peserta yang tampil mengenakan kostum adat keraton Surakarta.. 

"Ini adalah pengalaman yang luar biasa. Melalui karnaval ini, kita bisa menunjukkan rasa cinta tanah air dan bangga akan budaya kita sendiri." terangnya. 

Karnaval HUT ke-79 RI di Desa Ngembeh ini berlangsung dengan meriah dan penuh kegembiraan, menandakan semangat nasionalisme yang tinggi dan rasa cinta tanah air dari setiap warga.

Editor : Agus Ismanto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut