get app
inews
Aa Read Next : Tawuran Saat Sawur, 22 ABG Dihukum Sungkem Orang tuanya

Perguruan Pencak Silat IPSI Gresik, Bersepakat Jaga Kondusifitas Kamtibmas

Senin, 12 Desember 2022 | 22:06 WIB
header img
Ketua dan Pengurus Perguruan Pencak Silat IPSI Gresik bersama Komandan Kodim 0817 Gresik Letkol Inf Ahmad Saleh Rahanar berfoto bersama usai berdiskusi

GRESIK, iNews.id - Sebanyak 16 perguruan pencak silat yang tergabung dalam Ikatan Pencak SIlat (IPSI) Kabupaten Gresik menyatakan kesanggupannya untuk senantiasa menjaga kondusifitas Kamtibmas di wilayah Kabupaten Gresik. 

Pernyataan sikap tersebut disampaikan dalam kegiatan 'Ngobrol Santai' Ketua dan pengurus perguruan pencak silat bersama Komandan Kodim 0817 Gresik Letkol Inf Ahmad Saleh Rahanar di Restoran Mustika Rasa, Senin (12/12/2022). 

Komandan Kodim 0817 Gresik, Letkol Inf Ahmad Saleh Rahanar mengatakan benang merah diskusi ini, semua perguruan pencak silat IPSI Gresik bersepakat untuk senantiasa menajaga kondusifitas Kamtibmas di wilatah Gresik.

"Semua perguruan pencak silat bersepakat berperan aktif menjaga situasi Kamtibmas, kebersamaan, kerukunan dan saling menghormati antar perguruan silat," ujarnya. 

Sebagai wujud komitmen kebersamaan, lanjut Dandim, dalam waktu dekat akan dilaksanakan deklarasi damai yang diikuti semua perguruan pencak silat di Gresik. 

"Deklarasi damai ini, sebagai langkah nyata memupuk rasa persatuan, kerukunan dan kebersamaan antar perguruan pencak silat," tandasnya. 

Dikatakannya persatuan dan kebersamaan sangat luar biasa nilainya. Oleh karenanya semua pihak diharapkan dapat menjaganya. Termasuk dari seluruh perguruan silat yang ada di Kabupaten Gresik.

"Kami merasa senang bila seluruh perguruan silat rukun dan guyub. Sebaliknya, kami  merasa prihatin dan sedih apabila ada perselisihan antar perguruan silat," terangnya.

Lebih jauh Dandim 0817 Gresik Letkol Inf Ahmad Saleh Rahanar menambahkan jika diperlukan pengurus perguruan pencak silat akan dilibatkan dalam patroli Kamtibmas di wilayah Gresik.

"Tujuannya untuk  menjaga kebersamaan dalam menjaga kondusifitas Kamtibmas di wilayah Gresik," ungkap Dandim yang juga menjabat sebagai pembina IPSI Gresik. 

Sementara itu, Sekretaris IPSI Gresik, Aris Afandi menyambut baik,  jika IPSI dilibatkan dalam patroli malam untuk menjaga Kamtibmas. Hal ini sebagai upaya kebersamaan menciptakan rasa aman di masyarakat, apalagi menjelang libur natal dam tahun baru.

“Kami sangat mendukung. Ini sebagai bukti komitmen IPSI untuk senantiasa menjaga stabilitas Kamtibmas di wialyah Gresik," terangnya.

Diketahui, Kabupaten Gresik terdapat sebanyak 32 perguruan silat. Namun,dari jumlah tersebut sebanyak 16 diantaranya yang aktif mengikuti kegiatan IPSI Gresik.
 

Editor : Agus Ismanto

Follow Berita iNews Gresik di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut