get app
inews
Aa Read Next : Angka Partisipasi Pemilu 2024 di Gresik Meningkat, Capai 87 Persen

Daftarkan Bacaleg, DPD PAN Gresik Targetkan 6 Kursi DPRD

Jum'at, 12 Mei 2023 | 21:01 WIB
header img
Ketua DPD PAN Gresik FAqih Usman didampingi jajaran pengurus menyerahkan berkas Bacalegnya kepada KPUD GResik

GRESIK, iNews.id - Partai Amanat Nasional (PAN) Kabupaten Gresik menargetkan sebanyak 6 kursi di DPRD Gresik pada Pemilu Legislatif 2024 mendatang.  Hal itu disampaikan Ketua DPD PAN Gresik Faqih Usman usai mendaftarkan sebanyak 50 Bacaleg di Kantor KPU Gresik, Jum’at (12/5/2023). 

"Kami pasang target realistis yakni 6 Kursi atau satu Fraksi di DPRD. Ini, sesuai kemampuan dan struktur yang kita miliki," ujar Faqih Usman didampingi jajaran pengurus DPD PAN Gresik di kantor KPUD Gresik.

Pada pendaftaran ini, DPD PAN Gresik menghadirkan sebanyak 50 orang Bacalegnya.  Mereka berjalan kaki dengan mengenakan sarung menempuh jarak sejauh 2 kilometer dari kantor DPD PAN menuju gedung KPUD Gresik. Uniknya, sepanjang perjalanan sempat mengundang perhatian warga sekitar, karena menghadirkan grup Drum Band sebagai pembuka jalan

Pada Pemilu legislatif 2024, lanjutnya, DPD PAN GResik mendaftarkan sebanyak 50 Baceleg. Dari jumlah tersebut sebanyak sebanyak 27 orang merupakan Caleg Laki laki. Sisanya sebanyak 23 atau 42 persen merupakan Caleg Perempuan. 
"Alhamdulilah. Semua Caleg PAN Gresik sudah menenuhi persyaratar administrasi," terangnya.

Faqih Usman menambahkan telah menyisir sejumlah Dapil yang berpotensi meraih kursi. Dapil-dapil ini yang nantinya diproyeksikan ada satu kader PAN yang bisa meraih kursi DPRD Gresik. Di antaranya Dapil Balonggoang-Benjeng, Dapil Manyar-Bungah, Dapil Wringinanom-driorejo, dan Dapil Menganti dan Kedamean.

“Bacaleg PAN Memiliki beragam latar belakang di antaranya kalangan mantan kepala desa, incumbent, aktivis, milenal, dan kelompok pengusaha,” bebernya.

Dengan kualitas bacaleg yang sangat mumpuni dan punya kredibilitas di mata masyarakat, dirinya optimis torehan 6 kursi di DPRD Gresik bakal teralisasi. Sebagai informasi, Pada Pemilu Legislatif 2019 silam, DPD PAN Gresik mendapatkan sebanyak 3 kursi.

"Mudah-mudahan bisa tercapai peningkatan itu, dari yang sekarang tiga kursi menjadi 6 kursi," tandas Faqih Usman.

Sementara itu, Ketua KPU Gresik Akhmad Roni menjelaskan bahwa sudah ada 4 parpol yang mendaftarkan para bacaleg-nya. Sehingga, masih ada 14 parpol lainnya yang belum mengirimkan berkas pendaftaran.

“Dari hasil komunikasi informal dari masing-masing perwakilan parpol. Kemungkinan akan mendaftarkan diri pada akhir pekan nanti,” ujarnya.

Pihaknya juga mengingatkan tentang batas akhir pendaftaran bacaleg, yakni pada Minggu (14/5/2023) mendatang.
“Kami tunggu hingga pukul 23.59 WIB. Untuk selanjutnya dilakukan proses verifikasi berkas masing parpol,” pungkas Roni.

Editor : Agus Ismanto

Follow Berita iNews Gresik di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut