Logo Network
Network

Camilan Produk UMKM Sekapuk Gresik, Semarakkan ASEAN Village Network

Agis
.
Jum'at, 28 Juli 2023 | 10:21 WIB
Camilan Produk UMKM Sekapuk Gresik, Semarakkan ASEAN Village Network
Camilan Produk UMKM desa Sekapuk, Ujungpangkah, Gresik Semarakkan 'ASEAN Village Network'

iNewsGresik.id - Beragam Camilan produk Usaha Mikro, kecil dan menengah (UMKM) Desa Sekapuk, Kecamatan Ujungpangkah, Kabupaten Gresik semarakkan Pameran UMKM 'ASEAN Village Network' (AVN) 2023 di kawasan wisata Tebing Breksi Prambanan, Kabupaten Sleman. 

Camilan produk ibu ibu PKK dengan branding 'Dapur Mbok Inggih' bersanding dengan produk unggulan desa perwakilan Negara ASEAN di antaranya negara Filipina, Vietnam, Malaysia, Laos, Thailand, dan Myanmar. 

Kepala desa Sekapuk, Abdul Halim mengatakan Pemdes, Bumdes dan dan PDDM Sekapuk menampilkan produk unggulan camilan karya hasil karya ibu-ibu PKK. Momen ini, menjadi ajang promosi produk unggulan desa, melestarikan warisan budaya dan keragaman masyarakat perdesaan negara ASEAN. 

"Kami bangga dan terharu, bisa memperkenalkan produk unggulan UMKM di ajang internasional," ujar Halim, Jumat 28 Juli 2023.

Dikatakanya, Pada momen ini, Pemdes sekapuk juga menampilkan wisata desa Setigi Selo Tirto Giri dan Wisata Kebun Pak Inggih Agrowisata. "Melalui ASEAN Village Network, kami berharap dapat mengembangkan sektor UMKM warga desa untuk mengasah kemampuan usaha serta mengurangi pengangguran," bebernya. 

Diinformasikan, ASEAN Village Network (AVN) yang digagas Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Abdul Halim Iskandar menjadi platform yang efektif memperkuat desa dalam menghadapi berbagai masalah, baik di bidang ekonomi, sosial, maupun lingkungan.

"Melalui ASEAN Village Network diharapkan desa dapat mengembangkan strategi dan kebijakan inovatif yang dapat menjawab tantangan unik yang dihadapi oleh masyarakat desa hingga ke tingkat regional," ujarnya, saat membuka Senior Official Meeting on Rural Development and Poverty Eradication (SOMRDPE) Indonesia di Sheraton Mustika Hotel Yogyakarta, Selasa (25/7) lalu. 

Menteri yang akrab disapa Gus Halim ini menjelaskan ASEAN Rural Culture Expo in the Framework of ASEAN Identity menjadi salah satu program AVN yang digelar dalam SOMRDPE. Program ini akan menjadi platform untuk mempromosikan produk unggulan desa sekaligus melestarikan warisan budaya dan keragaman masyarakat perdesaan se-ASEAN.

"Desa-desa dapat memperkenalkan produk unggulannya serta promosikan budaya dan identitas perdesaan yang dimilikinya," papar Gus Halim.
 

Editor : Agus Ismanto

Follow Berita iNews Gresik di Google News

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.