Logo Network
Network

Terapkan Konservasi Energi, SBI Pabrik Cilacap Raih Penghargaan ASEAN Energy Awards 2022

Agus Ismanto
.
Rabu, 28 September 2022 | 23:45 WIB
Terapkan Konservasi Energi, SBI Pabrik Cilacap Raih Penghargaan ASEAN Energy Awards 2022
petugas monitor proses pengeringan sampah dengan metode bio drying di fasilitas pengolahan sampah menjadi bahan bakar alternatif (RDF), Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah. 

GRESIK, iNews.id -  PT Semen Indonesia (Persero) Tbk (SIG) melalui unit usaha PT Solusi Bangun Indonesia Tbk (SBI), pabrik Cilacap meraih penghargaan ASEAN Energy Awards (AEA) 2022 sebagai 2nd Runner Up, subkategori Large Industries, kategori Energy Management in Buildings and Industries. 

Pengumuman pemenang dan penyerahan penghargaan dilaksanakan secara virtual pada rangkaian kegiatan 40th ASEAN Minister on Energy Meeting (AMEM) and ASEAN Energy Business Forum di Kamboja, Kamis (15/9).

Corporate Secretary SIG Vita Mahreyni mengatakan penghargaan ini menjadi bukti bahwa upaya efisiensi dan konservasi energi yang dilakukan SIG sudah sesuai dengan kaidah-kaidah pelestarian lingkungan berstandar internasional.

“Penghargaan ini merupakan bentuk apresiasi sekaligus motivasi bagi kami untuk memberikan solusi tidak hanya memenuhi harapan stakeholders, tapi menjadi pendorong dalam tumbuhnya industri building material yang memperhatikan keberlanjutan (sustainability)”, ujar Vita Mahreyni.

Menurutnya, SIG memanfaatkan sampah perkotaan menjadi bahan bakar alternatif Refuse-Derived Fuel (RDF) dalam proses produksi semen di pabrik SBI di Cilacap.  

"Teknologi RDF merupakan upaya pengelolaan sampah berkelanjutan yang mampu mengubah sampah menjadi energi alternatif terbarukan dan dapat mengurangi emisi CO2," paparnya.

Lebih jauh, Vita Mahreyni mengungkapkan, fasilitas pemanfaatan sampah perkotaan menjadi RDF, mampu mengelola limbah sampah domestik sebesar 160 ton per hari, dan menghasilkan 70 ton RDF. Sedangkan RDF menggantikan penggunaan batu bara hingga 5-6%. 

“Pemanfaatan sampah menjadi bahan bakar alternatif ini merupakan solusi untuk pemeliharaan dan pengelolaan lingkungan masyarakat yang lebih baik”, ungkapnya.

Sebagai informasi, pada ajang ASEAN Energy Awards 2022 ini, Indonesia berhasil meraih 10 penghargaan dari berbagai kategori. SBI pabrik Cilacap menjadi salah satu dari 10 perusahaan dari Indonesia yang berhasil meraih penghargaan.

ASEAN Energy Awards merupakan kegiatan tahunan ASEAN yang telah dilaksanakan sejak tahun 2000. Kegiatan ini diselenggarakan oleh ASEAN Center for Energy (ACE) di bidang energi baru terbarukan dan konservasi energi, untuk mempromosikan pemanfaatan energi baru terbarukan serta penerapan efisiensi dan konservasi energi di tingkat regional ASEAN. 

Editor : Agus Ismanto

Follow Berita iNews Gresik di Google News

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.