get app
inews
Aa Read Next : Ribuan Warga Ramaikan Jalan Sehat Petrokimia, Berhadiah Sepeda Listrik

Keren! Jalan Sehat Heroik, Semarakkan HUT RI - 78 di Desa Jombangdelik

Sabtu, 02 September 2023 | 12:44 WIB
header img
Peserta jalan sehat menunjukkan atraksinya untuk merayakan HUT kemerdekaan RI

iNewsGresik.id - Semarak memeriahkan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-78, menggema hingga ke pelosok desa, diantaranya di desa Jombangdelik, Kecamatan Balungpanggang, Kabupaten Gresik.

Warga di perbatasan Gresik dengan Lamongan ini, menggelar serangkaian kegiatan HUT kemerdekaan RI ke 78, di antaranya Jalan Sehat Heroik. 

Pesertanya mulai dari anak-anak, remaja hingga para orang tua. Mereka mengenakan beragam kostum bernuansa merah putih. 

Sepanjang perjalanan yang dilalui, para peserta terus meluapkan rasa gembira.Berjoget bersama mengikuti alunan musik sound system di tas mobil.

Kegiatan jalan sehat ini, mendapatkan sambutan antusias warga sekitar.  Di sepanjang jalan yang dilalui, warga menyediakan aneka minuman dan makanan ringan gratis untuk peserta jalan sehat. 

Kepala desa Jombangdelik, Sudarman mengatakan kegiatan ini untuk merayakan HUT ke - 78 RI dan membangun rasa kebersamaan, kekompakan dan melestarikan semangat gotong royong. 

"Jadi tidak sekedar merayakan HUT RI, tetapi juga  membangun rasa kebersamaan, membangun kekompakan dan melestarikan semangat gotong royong," ujar Sudarman, Sabtu (2/9/2023).

Sudarman mengungkapkan partisipasi masyarakat sangat luar biasa. Hal ini tercermin dari antusias dan suka cita warga. Bahkan, warga secara spontas menyediakan beragam minum dan makanan ringan gratis untuk peserta jalan sehat.

"Saya sangat mengapresiasi semangat warga. Kegiatan ini, murni swadaya warga untuk merayakan HUT Kemerdekaan RI," ungkap Sudarman.

Tidak hanya jalan sehat, lanjutnya, pada peringatan HUT ke 78 RI, warga juga menggelar hiburan lainnya di anyaranya pentas seni tradisional kuda lumping. Menurutnya, kemerdekaan bukan hanya tentang tanggal dan angka, tapi juga tentang tanggung jawab melestarikan budaya warisan nenek moyang. 

"Kami berharap melalui kegiatan ini, semangat gotong royong dan cinta terhadap Tanah Air bisa semakin mengakar di hati setiap individu," pungkas Sudarman.

Editor : Agus Ismanto

Follow Berita iNews Gresik di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut