get app
inews
Aa Read Next : Buka Green Tech, K3PG Dukung Kemandirian Pangan, Kembangkan Research dan Demplot Argo Input Pertani

Inovasi Beton U Kerangka Bambu Antarkan K3PG Raih Predikat Excellent di Ajang IQPG

Minggu, 10 September 2023 | 11:10 WIB
header img
Ketua Pengurus K3PG, Awang Djohan Bachtiar bersama crew usai menerima penghargaan di Ajang IQPG

iNewsGresik.id - Beton U kerangka bambu, hasil inovasi Koperasi Konsumen Karyawan dan Keluarga Besar Petrokimia Gresik (K3PG) meaih predikat Excellent di ajang inovasi International Quality and Productivity Convention (IQPC) di Kuala Lumpur, Malaysia.

Konvensi inovasi internasional yang diikuti sebanyak 93 Gugus Inovasi dari 56 perusahaan di tujuh negara negara di Asia juga menobatkan K3PG sebagai Best Presentation .

Ketua Pengurus K3PG, Awang Djohan Bachtiar, mengatakan inovasi ini merupakan wujud komitmen K3PG dalam pengelolaan lingkungan. Bio u-ditch atau beton bentuk U menggunakan kerangka bambu Ori yang banyak ditemukan di Indonesia.

"K3PG melalui salah satu unit usaha properti, telah menggunakan U-ditch untuk pembangunan saluran air di Perumahan Citra Sari Regency," ujarnya, Minggu (10/9/2023).

Dikatakanya, produk hijau dengan bahan ramah lingkungan, kini menjadi instrumen penting bagi pelaku usaha untuk meningkatkan daya saing. Inovasi ini, juga memiliki sejumlah nilai tambah, di antaranya  lebih efisien, berkualitas dan lebih kompetitif. 

"Melalui inovasi ini, K3PG mampu menghemat biaya pekerjaan saluran air mencapai 68,1 persen atau sebesar Rp 1,2 Miliar," terang Awang Djohan. 

Lebih jauh, Awang Djohan mengungkapkan inovasi beton U kerangka bambu dilakukan melalui proses penelitian selama 8 bulan. K3PG telah menguji melalui sebelas alternatif solusi di antaranya menggunakan material batu kapur, bata putih, bata merah, rangka besi, rangka bambu petung dan bambu ori dengan beberapa alternatif ukuran dan alternatif semen.

"Dari hasil uji yang dilakukan, U-ditch dengan kerangka bambu Ori memiliki kualitas terbaik. Produk ini memiliki kuat tekan rata-rata sebesar 330 kg/cm2 atau setara dengan standar beton K-300," ungkapnya.

Inovasi ini, lanjutnya merupakan satu-satunya teknologi hijau pertama yang diterapkan pada proyek perumahan baik di lingkup nasional maupun internasional. 

"Melalui inovasi ini, K3PG dapat melaksanakan komitmen menyediakan hunian tengah kota yang berkualitas, ramah lingkungan dan sesuai standar,” terangnya.

Menurutnya, inovasi ini juga memberikan dampak positif bagi stakeholder, di antaranya menciptakan prospek bisnis bagi pemilik lahan dengan mengembangkan budidaya bambu Ori. Sedangkan, produktivitas bambu Ori di Indonesia mencapai 50 ton per hektare per tahun. 

"Prestasi diharapkan menjadi pelecut semangat kami untuk terus menciptakan inovasi dalam rangka mendorong kesejahteraan bagi anggota dan masyarakat Gresik," pungkas Awang Djohan. 

Diinformasikan inovasi International Quality and Productivity Convention (IQPC) merupakan ajang konvensi inovasi internasional yang diikuti peserta dari negara-negara Asia. Tahun ini dilaksanakan di Kuala Lumpur pada tanggal 4-7 September 2023.

Editor : Agus Ismanto

Follow Berita iNews Gresik di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut