get app
inews
Aa Read Next : Ribuan Warga Berburu Paket Sembako Murah Petrokimia Gresik

Bangun Pabrik Ice Tube, K3PG Kembangkan Strategi Hilirisasi

Jum'at, 08 Maret 2024 | 22:38 WIB
header img
Ketua Pengurus K3PG, Awang Djohan Bachtiar mempresentasikan pembangunan pabrik ice tube di hadapan Direktur Utama Petrokimia Gresik, Dwi Satriyo Annurogo

iNewsGresik.id - Koperasi Konsumen Karyawan Keluarga Besar Petrokimia Gresik (K3PG) memulai aktivitas pembangunan pabrik ice tube di Kawasan Industri Gresik (KIG). 

Proyek pembangunan pabrik ice tube ini, ditandai dengan peletakan batu pertama oleh Direktur Utama Petrokimia Gresik, Dwi Satriyo Annurogo didampingi Ketua Pengurus K3PG, Awang Djohan Bachtiar, Jumat (8/3/2024).

Dwi Satriyo yang juga menjabat sebagai Dewan Penasihat K3PG mengapresiasi pendirian pabrik ice tube yang digagas K3PG. Hal ini, sebagai salah satu strategi hilirisasi.

"Kami berharap pabrik ini mampu memberikan kesejahteraan bagi Anggota K3PG," ujarnya.

Pendirian pabrik ice tube, lanjut Dwi Satriyo, bukan datang secara tiba-tiba. Karena dahulu, pihaknya bersama Bapak Misadi Sumargo (eks Dewan Pengawas K3PG) telah memikirkanya.   

"Alhamdulillah, K3PG sekarang berhasil merealisasikanya, sebagai salah satu strategi hilirisasi. Semoga pabrik ini mampu membawa pertumbuhan dan kemajuan bagi K3PG untuk kesejahteraan anggotanya,” ungkap Dwi Satriyo.

Sementara itu, Ketua Pengurus K3PG, Awang Djohan Bachtiar menjelaskan pembangunan pabrik ice tube merupakan salah satu strategi hilirisasi produk yang dijalankan K3PG. Hal ini, sebagai upaya untuk meningkatkan kesejahteraan bagi anggota.

"Produk ini nantinya kami labeli dengan merek Cezz. Kami hadirkan dengan mengoptimalkan produksi AMDK (Air Minum Dalam Kemasan) yang telah dijalankan K3PG sebelumnya. Melalui produk ice tube ini akan mendapatkan margin dan revenue lebih besar lagi," ujarnya.

Awang menambahkan, saat ini ice tube lebih populer dan menjadi pilihan konsumen, karena lebih simpel dibandingkan es balok. Permintaan setiap harinya cukup besar, termasuk di Gresik yang memiliki banyak tempat usaha makanan dan minuman. Bahkan, hasil survei tim K3PG ke beberapa pabrik ice tube di Jawa Timur, produksinya masih sangat terbatas dan belum mampu memenuhi semua permintaan.

"K3PG mempunyai sumber daya yang dibutuhkan untuk memproduksi ice tube, dengan cara hilirisasi dari produksi AMDK. Kami memastikan, ice tube K3PG memiliki banyak keunggulan dibanding produk lain," tandas Awang kembali.

Masih kata Awang, kelebihan yang ada di Air K (produk AMDK K3PG) akan menjadi keunggulan bagi ice tube K3PG. Karena menggunakan bahan baku dari sumber mata air pegunungan di Pacet, Kabupaten Mojokerto yang ramah lingkungan dan berasal dari air permukaan. Dan bukan berasal dari sumur artesis yang dapat mengganggu sistem hidrologi lingkungan.

"Ice tube K3PG merupakan produk hijau karena lebih sehat dan ramah lingkungan. Selain itu, prosesnya dilakukan secara alami dan tanpa menggunakan zat tambahan lain juga memiliki kandungan Total Dissolved Solid rendah," jelas Awang. 

Oleh karena itu, pihaknya memastikan, produk Cezz lebih higienis dan lebih sehat untuk dikonsumsi. "Kami benar-benar menjaga kebersihan dalam produksinya," terangnya. 

Pabrik ice Tube K3PG ditargetkan launching produksi pada tanggal 13 Agustus 2024 dengan total kapasitas produksinya mencapai 10 ton ice tube per hari. 

"Lounching perdana pabrik ice tube ini, sekaligus menjadi kado istimewa di hari ulang tahun koperasi ke-40," pungkas Awang. 
 

Editor : Agus Ismanto

Follow Berita iNews Gresik di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut