get app
inews
Aa Read Next : Buka Green Tech, K3PG Dukung Kemandirian Pangan, Kembangkan Research dan Demplot Argo Input Pertani

Dorong Pemulihan Ekonomi, K3PG Gelar Bazar UMKM

Rabu, 17 Agustus 2022 | 20:39 WIB
header img
K3PG Fest 2022 menghadirkan beragam produk pelaku UMKM mulai dari kuliner hingga kerajinan produk UMKM

GRESIK, iNews.id - Koperasi Karyawan Keluarga Besar Petrokimia Gresik (K3PG) menggelar Bazar UMKM selama 7 hari, mulai tanggal 15 -21 agustus tahun 2022 di halaman Joglo Petrokimia Gresik.

Bazar UMKM ini, menghadirkan beragam produk usaha produk usaha kecil menengah (UMKM) merupakan rangkaian peringatan HUT RI ke 77 dan HUT K3PG ke 38.

Ketua Pengurus K3PG, Awang Djohan Bachtiar, mengatakan,bazar UMKM bertajuk "K3PG Fest" merupakan bukti komitmen Petrokimia Gresik menggeliatkan UMKM.

Kegiatan ini, diharapkan menjadi pembuka sebagai upaya recovery UMKM. Mengingat saat ini, aturan-aturan terkait keberadaan Covid-19 mulai dilonggarkan. 

"Jadi iklim kebangkitan ekonomi khususnya pelaku UMKM dapat dimulai dari halaman Joglo Petrokimia Gresik," ujar Awang Djohan Bachtiar, saat meninjau stand bazar, Selasa malam (16/8/2022).

Petrokimia Gresik melalui K3PG terus mendukung agar UMKM ini terus bangkit. Karena UMKM akan memberikan multiplier effect yang sangat luar biasa, salah satunya menciptakan lapangan kerja baru. 

"Bazaar ini diharapkan menjadi pilot project untuk meningkatkan kesejahteraan para pelaku UMKM agar naik kelas,” paparnya.

K3PG Fest, diikuti sebanyak 66 pelaku UMKM, terdiri dari 46 stan kuliner dan 20 stan non kuliner diantaranya kerajinan, mainan anak anak dan  industri rumah tangga. 

“K3PG Fest melibatkan UMKM yang ada di sekitarnya, misal usaha kuliner maupun mon kuliner. Dengan begitu, target percepatan pemulihan ekonomi akan terwujud,” tegasnya.

Lebih jauh, Awang Djohan Bachtiar, menjelaskan, komitmennya menyejahterakan anggota. Pada tahun 2022 target sisa hasil usaha (SHU) K3PG meningkat 332 persen atau lebih dari tiga kali lipat dibandingkan dengan RKAP 2021.

"Ini merupakan komitmen kami untuk meningkatkan kesejahteraan anggota," tandasnya.

Awang Djohan Bachtiar yang baru dilantik menjadi Ketua Pengurus K3PG peiode 2022-2025 pada tanggal 22 Juni 2022 akan mengoptimalkan kreativitas sumber daya manusia (SDM) yang didominasi kelompok generasi muda.

"Penerapan ERP (enterprise resource planning) akan terus ditingkatkan hingga 100 persen. Sehingga SDM K3PG tidak lagi bekerja manual, tapi dengan cara digital menuju K3PG lebih hebat lagi," jelasnya.

Menurutnya, K3PG saat ini telah menghadirkan produk air minum baru "Eau Mineral". Produk baru air minum dalam kemasan ini, diproduksi dengan sejumlah inovasi dan melalui standarisasi operasional usaha maupun layanan lebih efektif dan efisien.

"Semoga upaya K3PG ini benar-benar membawa berkah sejahtera bagi anggota maupun masyarakat yang ada di sekitar koperasi," pungkas Awang. 

Editor : Agus Ismanto

Follow Berita iNews Gresik di Google News
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut