get app
inews
Aa Read Next : Akhir Tahun, Dinas PUTR Gresik Percepat Normalisasi Kali Lamong dan Pemantapan Jalan

Perbaikan Jembatan Kacangan Serap Dana Rp15,4 Miliar

Senin, 16 Mei 2022 | 11:09 WIB
header img
Kondisi jembatan Kacangan di Kecamatan Benjeng, Gresik, Jawa Timur yang ambruk seajack Desember 2021 lalu.

GRESIK, iNews.id – Akhirnya perbaikan jembatan Kacangan di Kecamatan Benjeng, Gresik, Jawa Timur ada titik terang. Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (DPUTR) memastikan perbaikan dimulai Juni 2022 dengan anggaran Rp14,4 miliar.

Kepada DPUTR Gresik, Achmad Hadi mengatakan, perbaikan jembatan Desa Kacangan di Benjeng harus procedural. Makanya, baru bisa dianggarkan di APBD 2022. Itupun harus ada proses lelang dan lainnya.

“Tetapi syukurlah prosesnya lebih cepat, tinggal menunggu lelang tuntas. Sehingga Juni 2022 nanti akan dimulai pembangunnya,” ungkapnya, Senin (16/5/2022).  

Dijelaskan, bila saat ini masih menunggu lelang selesai. Bila mengacu pada tahapan lelang, pada 25 Mei nanti bakal ada pengumuman lelang. Sehingga, tanda tangan kontrak pekerjaan di tanggal 7 Juni. 

Jembatan Kacangan tiba-tiba ambruk Desember 2021 lalu. Bagian tengah badan jembatan pecah. Diperkirakan tumpuhan kaki jembatan tergerus air Kali Lamong. Sehingga, jembatan ambles dan bagian badan pecah menjadi dua. 

Untungnya tidak sampai ambles total. Sehingga, jembatan yang menjadi penghubung tiga desa di Kecamatan Benjeng itu masih bisa dilalui. Hanya saja, tidak maksimal, karena hanya dapat dilalui motor.    

Kadis PUTR Gresik, Achmad Hadi menjelaskan, saat ini  jembatan sepanjang 90 meter itu sudah memiliki desain baru. Harapannya, desain baru itu mampu bertahan dari gereusan air Kali Lamong. Anggarannya menghabiskan Rp15,4 miliar. 

“Kami harapakan jembatan tuntas di akhir tahun ini. Sehingga awal 2023 sudah dapat dilalui,” pungkasnya.

 

 

Editor : Ashadi Ikhsan

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut