Gagal Raih Kemenangan di Kandang, Begini Komentar Pelatih Gresik Petrokimia

Agis
Mediol Stiovanny Yoku dan kawan-kawan sempat membuka harapan dan memenangkan set pertama

iNewsGresik.id - Tim putri Gresik Petrokimia Pupuk Indonesia gagal mempersembahkan kemenangan saat berlaga melawan Jakarta BIN pada pertandingan terakhir seri keempat putaran pertama PLN Mobile Proliga 2024 di GOR Tri Dharma, Gresik, Jumat (17/5/2024).

Tim kebanggan warga Gresik ini, harus mengakui keunggulan Jakarta BIN dengan skor 1-3 (25-21, 19-25, 21-25, 14-25). Ini menjadi kekalahan ke 5 dari 6 laga selama putaran pertama. Satu-satunya kemenangan diraih Gresik Petrokimia, saat berlaga melawan Jakarta Livin Mandiri.

Bermain di hadapan seribuan pendukungnya, termasuk jajaran direksi dan petinggi PT Petrokimia Gresik, Mediol Stiovanny Yoku dan kawan-kawan sempat membuka harapan dan memenangkan set pertama dengan skore 25-21.

Penampilan Bohdana Anisova dan Polina Rahimova cukup memukau. Keduanya menjadi motor serangan tim tuan rumah, saat pemain Jakarta BIN terlambat panas.

Memasuki set kedua, Jakarta BIN yang diperkuat para pemain timnas Indonesia, di antara Megawati Hangestri, Wilda Siti Nurfadilah dan Ratri Wulandari serta dua pemain asing Kashauna Williams dan Kenia Carcaces mulai menunjukkan kekuatannya.

Anak-anak BIN tidak hanya menekan lewat smes-smes keras, tetapi juga servis lompat yang menyulitkan pemain Petrokimia. Selain itu, blok mereka cukup rapat dan mampu menghadang serangan pemain tuan rumah.

Setelah memenangkan di set kedua, Megawati dan kawan-kawan semakin percaya diri. Mereka terus tampil menekan. Sedangkan, anak-anak Gresik Petrokimia justru kehilangan fokus dan melakukan kesalahan. 

Penampilan tuan rumah di set ketiga dan set keempat, justeru semakin menurun. Selain sering mati sendiri, Medioyoku dan kawan-kawan juga kesulitan membendung serangan lawannya. Mereka tertinggal jauh 8-16, hingga akhirnya kalah 14-25.

“Sebenarnya set pertama mainnya sudah bagus. Tetapi di set kedua dan seterusnya agak menurun. Kurang sabar dan sering mati sendiri,” kata pelatih Petrokimia, Risco Herlambang usai laga.

Meski kalah, Risco melihat penampilan anak asuhnya mulai mengalami peningkatan dibandingkan seri-seri sebelumnya. Jeda kompetisi selama dua pekan akan dimaksimalkan untuk membenahi segala kelemahan dan kekurangan untuk menghadapi putaran kedua.

“Kalau dari sisi pemain, Kami sudah tampil maksimal. Tetapi memang tadi di set ketiga dan keempat banyak melakukan kesalahan sendiri. Secara keseluruhan permainan sudah makin meningkat,” tambah middleblocker Gresik Petrokimia Dhea Cahya Pitaloka.

Sementara itu, Asisten Pelatih Jakarta BIN Labib mengatakan timnya tampil buruk di set pertama dan kehilangan angka dari kesalahan sendiri.

“Ada tujuh kesalahan servis pada set pertama, itu salah satu penyebabnya kita kalah pada set pertama. Nah, set berikutnya mulai membaik dan mengurangi kesalahan serta memperkuat pertahanan,” katanya.

Pemain Jakarta BIN Wilda Siti Nurfadilah sepakat dengan pernyataan Labib. Timnya sering kehilangan fokus di set pertama dan sering melakukan kesalahan sendiri.

Pada laga ini, Wilda menyumbang sembilan angka, sementara top skor Jakarta BIN adalah Megawati Hangestri dengan 22 angka, disusul Carcaces 17 angka dan Williams membukukan 13 angka.

Hasil laga terakhir putaran pertama ini menempatkan Jakarta BIN berada di peringkat kedua klasemen sementara dengan 13 poin (empat menang dan dua kalah). Posisi teratas ditempati Jakarta Popsivo Polwan dengan mengumpulkan 17 poin.

Editor : Agus Ismanto

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network