Kemarau, Wisatawan Gunung Bromo Waspadai Tornado Pasir, Begini Antisipasinya

Avirista Midaada
engelola wisata Gunung Bromo meminta wisatawan mewaspadai adanya fenomena angin puting beliung atau tornado pasir. (Foto: Istimewa).

iNewsGresik.id - Pengelola wisata Gunung Bromo meminta wisatawan mewaspadai adanya fenomena angin puting beliung atau tornado pasir. Fenomena ini kerap muncul seperti di video yang beredar di media sosial tentang badai pasir.

Dalam video yang diunggah di akun media sosial TikTokter lihat tiupan angin kencang membentuk pusaran menyerupai angin puting beliung atau tornado, menerbangkan pasir-pasir. Kencangnya angin membuat pandangan mata di lautan pasir pada video itu menjadi terbatas.

"Fenomena ini merupakan hal biasa yang terjadi di kawasan lautan pasir Bromo dan sekitar terutama saat musim panas dan kering," ujar Kepala Bagian Tata Usaha (Kabag TU) Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (BB-TNBTS) dalam keterangannya Kamis (18/7/2024).

Dia menjelaskan, fenomena ini disebut sebagai 'dust devil' yang secara visual tampak seperti pusaran angin menyerupai seperti tornado yang membawa debu dan pasir, namun dengan ukuran yang relatif lebih kecil dari tornado. 
 

Editor : Agus Ismanto

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network