Jersey Gol Tangan Tuhan Maradona Terjual Rp127 Miliar

Jeanny Aipassa
Jersey Diego Maradona saat mencetak gol Tangan Tuhan di Piala Dunia 1986.

LONDON, iNews.id – Pesepakbola Argentina, Diego Armando Maradona tetap mepesona. Jersey yang dipakai mencetak gol dengan tangan saat melawan Inggris di Piala Dunia 1986 dibeli 7,1 poundsterling alias Rp127 miliar.

Jersey milik pemain berjuluk Hand of God atau Tangan Tuhan itu dilelang di rumah lelang Sotheby's, London, Inggris. "Ini adalah harga tertinggi yang pernah dibayar untuk sepotong memorabilia olahraga," bunyi pengumuman rumah lelang Sotheby's, Rabu (4/5/2022).

Pada April 2022, rumah lelang Sotheby's mengumumkan akan melelang jersey Maradona yang selama 36 tahun disimpan Steve Hodge, mantan pesebakbola di klub Nottingham Forest, Aston Villa, Leeds dan Tottenham.

Rumah lelang Sotheby's memperkirakan harga lelang jersey Maradona antara 4 juta-6 juta poundsterling. Nyatanya, jersey sang legenda sepakbola asal Argentina itu laku terjual seharga 7,1 juta poundsterling.

Kepala Streetwear dan Koleksi Modern Sotheby's, Bram Wachter, mengungkapkan, biaya tertinggi sebelumnya yang dibayarkan untuk kaos olahraga dipegang oleh jersey legenda bisbol New York Yankees, Babe Ruth. Jersey Babe Ruth dijual seharga 5,6 juta dolar AS atau sekitar 4,4 juta poundsterling pada 2019.

Di tahun yang sama, manifesto Olimpiade asli, yang ditulis pada 1892, juga dijual seharga 8,8 juta dolar AS atau sekitar 7 juta poundsterling dan menjadi memorabilia olahraga paling mahal.

Namun rekor itu dipecahkan oleh jersey Maradona yang terjual seharga 7,1 juta pounsterling atau sekitar Rp127 miliar, dalam pelelangan baru-baru ini.

"Jadi bisa dibilang ini adalah kaos sepak bola paling didambakan yang pernah dilelang, dan karenanya pantas bahwa sekarang ini mencetak rekor termahal untuk objek apa pun dari jenisnya,” kata Brahm Wachter.

Ada beberapa kebingungan tentang jersey Maradona sejak Sotheby's London memasangnya untuk dilelang. Keluarga Maradona mengklaim itu bukan jersey yang dipakai Maradona saat mencetak gol Tangan Tuhan.

Selama 36 tahun terakhir, kaus yang diproduksi oleh Le Coq Sportif, telah ditampilkan ke publik sebagai salah satu yang dikenakan oleh bintang besar Argentina itu.

Sebelum dilelang, jersey Maradona disimpan di National Football Museum di Manchester. Sotheby's mengatakan dalam daftar online-nya bahwa kaus itu cocok dengan gambar Maradona yang mengenakannya untuk kedua gol itu.

Dua gol yang dicetaknya melawan Inggris adalah salah satu gol paling terkenal oleh Maradona, yang secara luas dianggap sebagai salah satu pemain sepakbola terhebat yang pernah ada.

Bola yang ditendangnya melewati kiper Peter Shilton untuk mencetak gol pembuka kontroversial di babak kedua terjadi beberapa menit sebelum dia mencetak gol yang bertahun-tahun kemudian terpilih sebagai gol abad ini dalam jajak pendapat oleh badan sepak bola dunia FIFA.

 

 

Editor : Ashadi Ikhsan

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network