Jokowi Larang Belanja Barang Impor Pakai APBN Maupun APBD

Raka Dwi Novianto
Presiden Joko Widodo (Foto: Istimewa)

 

JAKARTA, iNews.id  - Peringatan bagi para pimpinan BUMN maupun kepala daerah dari Presiden Joko Widodo.  Politisi asal Solo, Jawa Tengah itu melarang mereka belanja barang impor dengan dana dari APBN maupun APBD. 

“Agar uang tersebut digunakan untuk membeli produk local,” katanya saat memberikan pengarahan terkait Aksi Afirmasi Bangga Buatan Indonesia, Selasa (24/5/2022).

Jokowi meminta kepada kepala daerah dalam hal ini gubernur, bupati, wali kota hingga sekda untuk segera memasukkan produk-produk unggulan lokal ke e-catalog. Dengan begitu, produk lokal bisa ikut bersaing. 

"Yang paling penting sekarang adalah bagaimana produk-produk lokal produk-produk unggulan segera bisa masuk pada e-katalog lokal, segera," ucap mantan Gubernur DKI Jakarta itu.

Untuk itu, Jokowi menegaskan agar anggaran APBN dan APBD bagi kepala daerah dan BUMN dapat dimanfaatkan secara maksimal untuk membeli produk lokal. Sebab, anggaran APBN dan APBD bersumber dari uang rakyat. 

"APBN kita Rp2.714 triliun, APBD Rp1.197 triliun, gede sekali plus BUMN seperti yang saya sampaikan di Bali. Karena ini uang rakyat APBN APBD di BUMN, ini uang rakyat ya jangan toh kita belikan barang-barang impor. Keliru besar sekali kita kalau melakukan itu," ujar dia.

 

Editor : Ashadi Ikhsan

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network