Logo Network
Network

Missi Ekspedisi Bengawan Solo 2022 Ditutup Dengan Gelar Sarasehan Sejarah dan Budaya

Agus Ismanto
.
Selasa, 16 Agustus 2022 | 23:22 WIB
Missi Ekspedisi Bengawan Solo 2022 Ditutup Dengan Gelar Sarasehan Sejarah dan Budaya
Sarasehan sejarah dan Budaya bertajuk "Refeleksi Nilai Luhur Dalam Upaya Menjaga dan Melestarikan Sungai Bengawan" menutup Misi Ekspedisi Bengawan Solo.

GRESIK, iNews.id - Sarasehan sejarah dan budaya Naditira Madanten 1358 menandai berakhirnya Missi Ekspedisi Bengawan Solo (MEBS) 2022 di balai desa Bedanten, Kecamatan Bunga, Kabupaten Gresik.

Saresehan bertajuk "Refeleksi Nilai Luhur Dalam Upaya Menjaga dan Melestarikan Sungai Bengawan"  menghadirkan sejumlah narasumber, diantaranya Eko jarwanto (Sejarawan Lokal), Mustakim (Sejarawan lokal), Kepala dinas PUPR, Diaz Nawaksara (Filolog), Sudi Harjanto (Sejarawan Kasik}, Amir Syarifudin (filolog), KH mudlofar Usman (sejarawan) dengan moderator Nanang Purwanto.

Ekspedisi Bengawan Solo yang diinisiasi Komunitas Stand Up Paddle Board Indonesia dan Yayasan Putra Nusantara, didukung sejumlah organisasi dan komunitas peduli lingkungan di Jateng-Jatim, menempuah perjalanan sejauh 462 kilometer berlangsung sebulan, 14 Juli - 14 Agustus 2022.

Penanggung jawab MEBS,  Tofan Ardi, mengatakan,  missi ini tidak sekedar mengajak masyarakat mengenang kejayaan sungai terpanjang di pulau Jawa sebagai bagian dari pusat peradaban di pulau jawa.

Namun juga menyajikan data mengenai kondisi terkini sungai Bengawan dan memetakan strategi konservasi  yang selaras dengan poin poin sustainable development goals.

"Tim MEBS berangkat dari Waduk Wonogiri  dan finish di desa Bedanten, kecamatan Bungah, Gresik," ujar Tofan Ardi, Minggu (14/8/2022).

Dikataknya, kepedulian terhadap sungai Bengawan tidak hanya tanggung jawab masyaraat satu  atau dua kabupaten,  tetapi  juga seluruh masyarakat yang dilintasi aliran sungai bengawan. 

"Misi ini mengusung konsep "River Side Ecologycal Society" untuk menggalang partisipasi masyarakat di sepanjang Daerah Aliran Sungai (DAS) Bengawan Solo, dari hulu hingga hilir," terangnya.

Melalui MEBS, lanjutnya, mengajak pemerintah, pelaku usaha dan stakeholder terkait, untuk terlibat berkontribusi terhadap ekologi yang berkelanjutan. "Aksi bersama ini diharapkan, menumbuhkan kesadaran masyarakat untuk ikut peduli terhadap kelestarian Bengawan Solo. " terangnya.

Sejarawan Nanang Purwanto, mengatakan,  salah satu tujuan MEBS untuk menggali sejarah potensi dan budaya, seperti tertulis di prasasti Canggu tahun 1358 H dan Babad madura 1833 H. Prasasti itu mencatat  bahwa wilayah aliran sungai Bengawan  pernah menjadi pusat peradaban di pulau Jawa.

"Salah satu tujuan MEBS untuk mengenang kejayaan Bengawan Solo sebagai bagian dari pusat peradaban Tanah Jawa melalui sisi historis," ujarnya.

Dikatakanya, melalui MEBS diharapkan mengembalikan  kejayaan sungai Bengawan sebagai pusat peradaban di tanah Jawa. "Hampir seluruh wilayah yang dilalui aliran sungai Bengawan Solo merupakan daerah lumbung pangan nasional, termasuk pula beberapa daerah di Jawa Timur seperti Bojonegoro, Lamongan dan Gresik," terangnya.

Lebih jauh, Nanang menjelaskan,  MEBS  juga menyajikan data mengenai kondisi terkini Bengawan Solo dan memetakan strategi konservasi, yang  tentunya selaras dengan poin-poin dalam Sustainable Development Goals.

"Sungai Bengawan menjadi pusat peradaban sejak jaman kerajaan Majapahit. Karena itu, MEBS akan menggali berbagai potensi sejarag dan budayanya," terangnya.

Sementara itu, Bupati Gresik, Fandi Akhmad Yani, mengatakan, mendukung dan mengapresiasi MEBS yang diprakarsasi Komunitas Stand Up Paddle Board ndonesia, Yayasan Putra Nusantara dan sejumlah organisasi komunitas peduli lingkungan di Jateng dan Jatim.

"MEBS  Membantu Pemkab Gresik menentukan arah kebijakan pemkab gresik dalam penanganan dan pelestarian sungai engawan," tandasnya.

Terlebih dalam upaya pengembangan potensi wisata desa karena di desa-desa di aliran sungai bengwan gresik  tersimpan beragam potensi wisata sejarah. "Pemkab Gresik bertekad menjadikan sungai Bengawan sebagai potensi wisata, seiring dengan upaya MEBS ," ujarnya.

Editor : Agus Ismanto

Follow Berita iNews Gresik di Google News

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.