RUPS 2024, SIG Putuskan Pembagian Dividen Senilai Rp572 Miliar

Agis
Komisaris Utama SIG, Budi Waseso (kelima kiri) dan Direktur Utama SIG, Donny Arsal (keempat kiri) pada acara Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan 2024

iNewsGresik.id – PT Semen Indonesia (Persero) Tbk atau SIG menyelenggarakan Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) 2024 (Rapat) di Jakarta, pada Jumat (3/5).

Rapat ini menyetujui penetapan penggunaan laba tahun berjalan yang dapat diatribusikan kepada pemilik entitas induk tahun 2023 sebesar Rp2,17 Triliun.

Rinciannya sebesar 26,36 persen atau Rp572 Miliar ditetapkan sebagai dividen tunai dan sebesar 73,64 persen atau Rp1,598 Triliun ditetapkan sebagai cadangan lainnya.

Corporate Secretary SIG, Vita Mahreyni mengatakan, SIG berkomitmen terus meningkatkan kapabilitas demi menjaga kepemimpinan pasar, kinerja positif, dan pertumbuhan bisnis yang berkelanjutan, sehingga dapat selalu memberikan nilai tambah kepada pemegang saham. 

"Di tengah situasi geopolitik di Timur Tengah, SIG melakukan evaluasi dampaknya terhadap ekonomi global, termasuk Indonesia, khususnya pada harga energi dan komoditas, serta inflasi, yang secara langsung maupun tidak langsung berpotensi memengaruhi bisnis Perseroan," ujar Vita Mahreyni, Sabtu (4/5/2024). 

SIG, lanjutnya konsisten membagikan dividen secara rutin kepada para pemegang saham sebagai bentuk komitmen untuk memberikan nilai tambah atas kepercayaan dan dukungan yang selama ini diberikan.

"Melalui kebijakan yang terukur dengan tidak mengabaikan kondisi keuangan Perseroan dan kondisi ekonomi serta industri ke depannya,” ungkap Vita Mahreyni.

Vita Mahreyni menambahkan penetapan sebagian laba bersih tahun 2023 sebagai cadangan lainnya akan memperkuat struktur permodalan SIG. "Hal ini, untuk memastikan operasional dapat berjalan dengan baik di tengah risiko yang membayangi sepanjang tahun ini," tegasnya.

RUPS juga memutuskan pemberhentian dengan hormat Lydia Silvanna Djaman sebagai Komisaris SIG. Ia diangkat berdasarkan keputusan RUPST Tahun Buku 2018 tanggal 22 Mei 2019, terhitung sejak ditutupnya RUPST hari ini.

selanjutnya, Rapat mengangkat Lydia Silvanna Djaman sebagai Komisaris SIG dengan masa jabatan sesuai dengan ketentuan Anggaran Dasar Perseroan, serta memperhatikan peraturan perundang-undangan di bidang pasar modal dan tanpa mengurangi hak RUPS untuk memberhentikan sewaktu-waktu. 

Berikut susunan Dewan Komisaris dan Direksi Perseroan:

1    Komisaris Utama dan Komisaris Independen    Budi Waseso
2    Komisaris Sony Subrata
3    Komisaris Yustinus Prastowo 
4    Komisaris Lydia Silvanna Djaman
5    Komisaris Independen Nasaruddin Umar
6    Komisaris Independen Saor Siagian
7    Komisaris Independen Ratna Irsana   

Direksi Perseroan

1    Direktur Utama    Donny Arsal
2    Direktur Supply Chain    Yosviandri
3    Direktur SDM dan Umum     Agung Wiharto 
4    Direktur Keuangan & Manajemen Portofolio Andriano Hosny Panangian
5    Direktur Bisnis dan Pemasaran Subhan
6    Direktur Operasi Reni Wulandari
 

Editor : Agus Ismanto

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network