Ribuan Pelajar dan Mahasiswa di Gresik Mendapatkan Bantuan Beasiswa Pendidikan

Agis
Bupati Gresik, Fandi Akhmad Yani didampingi Ketua Baznas Jatim, Muhammad Zakki dan Ketua Baznas Gresik Muhammad Mujib menyerahkan bantuan beasiswa pendidikan

iNewsGresik.id – Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani menyerahkan beasiswa pendidikan kepada ribuan pelajar dari jenjang SD/MI, SMP/MTs, dan SMA/MA di Aula Masjid Maulana Malik Ibrahim Gresik, Selasa (3/9).

Total jumlah pelajar penerima bantuan beasiswa pendidikan sebanyak 1.080 pelajar. Rincianya sebanyak 700 siswa tingkat SD/MI dengan besaran mencapai Rp 400 ribu. Pelajar SMP/ MTs mendapatkan bantuan beasiswa pendidikan sebesar Rp 500 ribu. Dan pelajar tingkat SMA/ MA mencapai Rp 600 ribu.

Program Nawa Karasa Gresik Cerdas/ juga memberikan bantuan beasiswa pendidikan kepada sebanayak 100 mahasiwa produktif internal dengan total anggaran sebesar Rp 300 juta. Dan sebanyak 36 mahasiswa Produktif Eksternal dengan total anggaran sebesar Rp 150 juta. 

Selain mendistribusikan beasiswa pendidikan, Baznas Propinsi Jawa Timur juga memberikan bantuan rombong untuk pelaku UMKM di Gresik. Sebelumnya Baznas Jatim juga telah memberikan bantuan pembangunan rumah layak huni kepada warga terdampak gempa di pulau Bawean Gresik.

Bupati Gresik, Fandi Akhmad Yani menyampaikan apresiasinya terhadap BAZNAS Gresik yang telah berkontribusi nyata dalam memajukan pendidikan di Kabupaten Gresik. Pendidikan adalah kunci masa depan yang lebih baik. 

"Pendistribusian beasiswa pendidikan ini merupakan bagian dari implementasi program Nawa Karsa Gresik Cerdas yang diinisiasi oleh Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kabupaten Gresik," ujarnya.

Fandi Akhmad Yani menambahkan Program Gresik Cerdas ini bertujuan untuk memberikan bantuan pendidikan kepada siswa-siswa berprestasi dan yang berasal dari keluarga kurang mampu. Program ini, diharapkan dapat meningkatkan akses pendidikan serta mendukung para siswa dalam mencapai cita-citanya.

"Kami berharap bantuan ini dapat memotivasi anak-anak kita untuk terus belajar dan menggapai prestasi,” ujar Fandi Akhmad Yani. 

Senada disampaikan Muhammad Mujib, Ketua Baznas Gresik. Menurutnya, penyerahan bantuan beasiswa pendidikan ini merupakan bagian dari komitmen untuk meningkatkan kualitas pendidikan generasi muda di Kabupaten Gresik. 

"Program Gresik Cerdas diharapkan dapat memberikan dorongan kepada pelajar dan mahasiswa untuk terus belajar dan meraih cita-cita mereka," ujarnya.

Muhammad Mujib menambahkan bantuan ini juga untuk meringankan beban biaya pendidikan dan memberikan kesempatan yang lebih luas bagi generasi muda untuk mengembangkan potensi mereka. 

"Program ini adalah hasil kerjasama antara pemerintah daerah dan BAZNAS Gresik, serta melibatkan berbagai pihak untuk memastikan bahwa bantuan tersebut tepat sasaran dan bermanfaat bagi penerimanya," ungkapnya. 

Penyerahan beasiswa ini disambut antusias oleh para siswa dan orang tua yang hadir. Selain membantu meringankan beban biaya pendidikan, program ini juga menjadi bentuk dukungan nyata dari pemerintah dan BAZNAS untuk mencetak generasi yang cerdas dan berdaya saing tinggi di masa depan.

Salah satu siswa penerima bantuan beasiswa pendidikan, Naira (12) menyampaikan rasa terima kasihnya. 

“saya sangat bersyukur mendapatkan beasiswa ini. Uang ini akan saya gunakan untuk membeli buku dan keperluan sekolah lainnya,” ujarnya siswa yang duduk di bangku kelas 6 Sekolah dasar.

Editor : Agus Ismanto

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network