Perumda Giri Tirta Gresik Naikkan Tarif Layanan, Warga Kurang Mampu Mendapatkan Subsidi Khusus

Agis
Perumda Giri Tirta Gresik Naikkan Tarif Layanan Air Minum

iNewsGresik.id – Perusahaan Daerah Air Minum (Perumda) Giri Tirta Kabupaten Gresik menaikan tarif air mencapai 30 persen. Kenaiakan tarif air, terhitung   mulai pemakaian bulan Mei 2024 dan ditagihkan pada bulan Juni 2024. 

Namun, kenaikan tarif air ini, hanya untuk  pelanggan Niaga dan Industri Kecil. Sedangkan pelanggan lain, termasuk pelanggan kategori Rumah Tangga tidak mengalami perubahan.

Direktur Umum Perumda Giri Tirta, Ahmad Rusdilfahmi mengatakan penyesuaian tarif ini merupakan langkah untuk meningkatkan kualitas pelayanan, menjaga keberlanjutan perusahaan, tingginya biaya operasional dan kebutuhan investasi infrastruktur air bersih.

"Keputusan ini diambil melalui berbagai pertimbangan serta kajian yang sangat mendalam," ujarnya, Rabu (6/6/2024). 

Kenaikan tarif ini, lanjutnya sangat diperlukan untuk memastikan peningkatan layanan, menjaga kualitas dan berkelanjutan ketersediaan air bersih bagi seluruh masyarakat Gresik. 

"Penyesuaian tarif  ini,  hanya berlaku di kategori pelanggan Niaga dan Industri Kecil. Sedangkan pelanggan lain termasuk pelanggan kategori Rumah Tangga tidak mengalami perubahan." ungkap Fahmi.

Lebih jauh, Fahmi mengungkapkan kenaikan kelompok Niaga Kecil yang sebelumnya Rp. 5.000,-/m3 naik menjadi Rp. 6.500,-/m3 untuk pemakaian 10 m3 pertama. Kemudian, kelompok Niaga Besar dari Rp. 7.500,-/m3 naik menjadi Rp. 8.500,-/m3 pemakaian 10 m3 pertama. 

Sedangkan, Kelompok Industri Kecil dari Rp. 5.000,-/m3 naik menjadi Rp. 6.500,-/m3 pemakaian 10 m3 pertama. "Kenaiakan tarif air, terhitung   mulai pemakaian bulan Mei 2024 dan ditagihkan pada bulan Juni 2024," bebernya.

Masih kata Fahmi, kenaikan tarif dilakukan untuk beberapa alasan utama, di antaranya peningkatan Biaya Operasional, biaya listrik, bahan kimia untuk pemurnian air dan pemeliharaan infrastruktur. 

"Tentunya, semua ini, memerlukan penyesuaian tarif agar pelayanan tetap optimal," tegasnya.

Selain itu, juga investasi infrastruktur baru, pengembangan jaringan perpipa-an dan peremajaan instalasi pengolahan air untuk meningkatkan kapasitas dan kualitas layanan kepada pelanggan.

Perumda Giri Tirta Gresik juga melakukan pengembangan dan perlindungan sumber daya air. Hal ini, untuk memastikan keberlanjutan pasokan air bersih di masa depan.

Kendati demikian, Perumda Giri Tirta tetap berkomitmen untuk memberikan perhatian khusus kepada pelanggan dari golongan tidak mampu. Phaknya, menyediakan skema subsidi khusus dan bantuan bagi pelanggan yang kurang mampu.

"Hal ini, untuk memastikan agar mereka tetap mendapatkan akses terhadap air bersih tanpa beban yang berlebihan," tambah Fahmi.

Oleh karena itu, Perumda Giri Tirta mengharapkan pengertian dan dukungan dari seluruh pelanggan dalam menjalankan penyesuaian tarif ini. "Kami percaya bahwa dengan kerjasama dan pengertian bersama, kita dapat terus meningkatkan kualitas hidup masyarakat melalui penyediaan air bersih yang berkualitas dan berkelanjutan," pungkas Fahmi.

Editor : Agus Ismanto

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network