Berdayakan Masyarakat, PLN NP UP Gresik Gelar Pelatihan Budidaya Jamur

Agis
Pelatihan ini melibatkan sebanyak 30 peserta.. Materinya mencakup berbagai aspek penting dalam budidaya jamur,

iNewsGresik.id - PT PLN NP UP Gresik telah sukses menggelar pelatihan budidaya jamur di Pendopo Kelurahan Gending, Kecamatan Kebomas, Kabupaten Gresik. 

Pelatihan terselenggara berkat kerjasama dengan Wehasta, sebuah lembaga non-pemerintah yang bergerak di bidang pendidikan lingkungan dan pemberdayaan masyarakat.

Pelatihan ini melibatkan sebanyak 30 peserta.. Materinya mencakup berbagai aspek penting dalam budidaya jamur, mulai dari pemilihan bibit berkualitas, persiapan media tanam, hingga penerapan teknik perawatan yang optimal.

Manager Business Support PT PLN NP UP Gresik, Satriyo mengatakan pelatihan bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan warga setempat dalam menerapkan teknik budidaya jamur yang efektif dan efisien. 

"Pelatihan ini diharapkan  dapat mendukung peningkatan produktivitas dan kesejahteraan ekonomi mereka melalui sektor pertanian jamur., "ungkapnya.

Satriyo menambahkan  PT PLN NP UP Gresik juga menyerahkan satu unit kumbung jamur yang dilengkapi dengan teknologi IoT untuk sistem pengairan serta 3.000 baklok jamur kepada warga Kelurahan Gending.

"Harapan kami, adanya infrastruktur yang sudah kami berikan dan didukung dengan pelatihan budidaya jamur ini, masyarakat dapat memanfaatkannya dengan baik dengan cara mengimplementasikan hasil pelatihan yang diikuti ke kumbung jamur Kelurahan Gending,” ujarnya
 
Salah satu peserta, Asih, menyampaikan apresiasinya atas pelatihan yang dinilainya memberikan banyak manfaat.

"Pelatihan ini sangat bermanfaat. Kami tidak hanya diberikan infrastrukturnya saja, tetapi juga pelatihan untuk pengembangan kapasitas kelompok sebagai pengurus kumbung jamur, 'ujarAsih. 

Sesi pembelajaran diawali dengan penjelasan mendalam oleh pemateri mengenai proses budidaya jamur, jenis-jenis jamur yang dapat dibudidayakan, serta metode pemilihan bibit dan pengolahan media tanam.

Selain itu, peserta berkesempatan untuk berpartisipasi dalam diskusi interaktif. Mereka dapat mengajukan pertanyaan langsung kepada pemateri dan memperoleh solusi praktis terkait perawatan kumbung jamur. 

Salah satu topik penting yang dibahas adalah menjaga kelembapan kumbung dan menentukan waktu yang tepat untuk memanen jamur.

Peserta juga memdapatkan arahan untuk memasang sprayer di kumbung jamur. Hal ini, untuk meningkatkan kelembapan serta menambahkan paranet untuk melindungi kumbung dari sinar matahari berlebihan

Editor : Agus Ismanto

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network