Tingkatkan Kualitas SDM, Karang Taruna Lamongan Gelar Capacity Building

Agis
Lebih dari seribu pengurus karang taruna mulai dari tigkat desa dan kecamatan sekabupaten Lamongan mengikuti capacity building

ONGAN, iNewsGresik.id– Karang Taruna Kabupaten Lamongan menggelar kegiatan capacity building di aula Gajahmada lantai 7, gedung Pemkab Lamongan, pada Minggu (8/9).

Lebih dari seribu pengurus karang taruna mulai dari tigkat desa dan kecamatan sekabupaten Lamongan mengikuti Kegiatan dalam rangka memperingati hari bakti karang taruna ke-64.

Kegiatan untuk meningkatkan kapasitas dan pengetahuan para pengurus Karang Taruna dalam menjalankan tugas dan fungsinya sebagai organisasi kepemudaan dihadiri Bupati Lamongan, Yuhronur Efendi dan pejabat Forkopimda Lamongan.

Dua narasumber talkshow yakni  Sekretaris Karang Taruna Provinsi Jawa Timur, Twiadi dan  Kepala Dinas Sosial Kabupaten Lamongan, Farah Damayanti Zubaidah,
menyampaikan tentang pentingnya peran Karang Taruna dalam pembangunan daerah.

Menurut Kedua narasumber, Karang Taruna dapat menjadi ujung tombak dalam pemberdayaan pemuda, meningkatkan kesejahteraan sosial, serta menciptakan program-program yang berdampak positif bagi masyarakat di tingkat desa hingga kabupaten.

Ketua Karang Taruna Kabupaten Lamongan, Achmad Ilham Zubairi, dalam sambutannya menekankan bahwa acara ini merupakan momentum penting untuk memperkuat soliditas dan sinergi antar pengurus Karang Taruna.

"Ini adalah momen tepat untuk merefleksikan arti penting Karang Taruna dalam kehidupan bermasyarakat. Melalui kegiatan capacity building ini, kita berharap dapat meningkatkan kapasitas organisasi dan mendorong semangat gotong royong di kalangan pemuda," ujar Ilham.

Ia juga memaparkan rencana strategis Karang Taruna Kabupaten Lamongan dalam lima tahun ke depan.

"Rencana tersebut meliputi penataan administrasi organisasi, pelatihan keterampilan anggota, ajang penghargaan Karang Taruna Award, pengembangan UMKM dan ekonomi kreatif, serta persiapan sumber daya manusia yang kompeten dan siap menghadapi tantangan masa depan, "ungkapnya.

Bupati Lamongan, Yuhronur Efendi dalam sambutannya mengapresiasi kegiatan capacity building yang diinisiasi oleh Karang Taruna. Menurutnya, Karang Taruna memiliki peran strategis dalam pembangunan daerah.

"Saya berharap Karang Taruna dapat menjadi wadah bagi generasi muda untuk berkontribusi dalam membangun Lamongan yang lebih baik," ungkapnya.

Yuhronur Efendi menambahkan meskipun Lamongan tidak memiliki sumber daya alam yang melimpah, tetapi  memiliki sumber daya manusia yang berkualitas.

"Melalui Karang Taruna, kita dapat memaksimalkan potensi ini," tegas Bupati yang akrab disapa Pak Yes.

Untuk itu, Ia mengajak seluruh pengurus Karang Taruna terus berinovasi dan mengembangkan program-program yang bermanfaat bagi masyarakat.

"Mari kita jadikan Karang Taruna sebagai lokomotif perubahan dan pembangunan di Kabupaten Lamongan. Bersama-sama, kita akan mewujudkan Lamongan yang maju, mandiri, dan bermartabat," pungkasnya

Editor : Agus Ismanto

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network