Gebyar Pelayanan Publik, Wabup Aminatun Habibah Dorong Sektor Usaha Berkembang Melalui Inovasi

Agis
Wakil Bupati Gresik, Aminatun Habibah meninjau stand layanan publik ( FOTO : iNewsGresik)

 

GRESIK, iNewsGresik.id – Dalam rangka memperingati HUT ke-51 Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gresik dan Hari Jadi ke-538 Kabupaten Gresik tahun 2025, Pemkab Gresik menggelar Gebyar Pelayanan Publik. Acara ini, berlangsung selama tiga hari, mulai 12 hingga 14 Februari 2025, di Gressmall Gresik.

Kegiatan yang diinisiasi oleh Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPM PTSP) Gresik ini menghadirkan berbagai layanan publik yang cepat, efisien, dan mudah diakses oleh masyarakat.

Warga Gresik dapat menikmati berbagai layanan administrasi dalam satu lokasi, mulai dari pembayaran pajak, pengurusan dokumen kependudukan, perpanjangan SIM, pendaftaran BPJS Ketenagakerjaan, konsultasi perizinan usaha, cek kesehatan, hingga pengurusan sertifikasi halal.

Wakil Bupati Gresik, Aminatun Habibah, menegaskan bahwa acara ini merupakan salah satu bentuk komitmen Pemkab Gresik dalam meningkatkan kualitas pelayanan publik dan mempermudah akselerasi dunia usaha.

"Acara ini adalah bagian dari upaya kami untuk meningkatkan berbagai layanan kepada masyarakat dalam suasana yang lebih terbuka dan interaktif," ujar Aminatun Habibah, "Kamis (13/2) /

Gebyar Pelayanan Publik Gresik 2025 juga menjadi bukti nyata keberhasilan Pemkab Gresik dalam meningkatkan kualitas layanan publik.

Hal ini dibuktikan dengan capaian luar biasa, karena Pemkab Gresik berhasil meraih kategori A dalam Penilaian Kepatuhan Pelayanan Publik 2024 oleh Ombudsman Republik Indonesia, dengan skor 95,88.

Selain itu, berdasarkan pemantauan dan evaluasi kinerja penyelenggaraan pelayanan publik oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB), Indeks Pelayanan Publik (IPP) Pemkab Gresik juga masuk dalam kategori A- dengan nilai 4,16.

Tak hanya itu, Pemkab Gresik juga mencatatkan prestasi luar biasa dalam pemenuhan Standar Pelayanan Minimal (SPM).

Berdasarkan data dari Ditjen Bina Pembangunan Daerah Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) RI, nilai SPM Kabupaten Gresik untuk enam urusan pemerintahan wajib pelayanan dasar mencapai angka sempurna, yakni 100, melampaui rata-rata kabupaten/kota di Jawa Timur yang berada di angka 98,68.

Dengan capaian tersebut, Pemkab Gresik mendapatkan predikat Tuntas Paripurna dalam pelayanan dasar, mencakup pendidikan, kesehatan, pekerjaan umum, perumahan rakyat, ketenteraman dan ketertiban umum, perlindungan masyarakat (Trantibumlinmas), serta sosial.

Dalam acara ini, Pemkab Gresik melalui DPM PTSP juga memberikan penghargaan kepada sejumlah pelaku usaha yang dinilai berkontribusi dalam pembangunan ekonomi daerah.

Gebyar Pelayanan Publik Gresik 2025 bukan sekadar ajang pelayanan administratif, tetapi juga momentum untuk menunjukkan inovasi dan peningkatan kualitas layanan yang semakin mempermudah masyarakat

Editor : Agus Ismanto

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network