Ribuan Ekor Ternak Sapi DI Gresik Mendapatkan Vaksinasi PMK

Agus Ismanto
Ribuan ekor sapi di Gresik mendapatkan vaksinasi PMK dosis pertama. Vaksinasi ini, untuk meningkatkan daya tahan sapi, sehingga terhindar dari virus PMK.

GRESIK, iNews.id - Ribuan ekor ternak sapi tersebar di sejumlah wilayah kecamatan di Gresik, mulai mendapatkan vaksinasi penyakit mulut dan kuku (PMK), diantaranya di desa Siwalan, Kecamatan Panceng, kabupaten Gresik, Selasa 28/06/2022.

Pada vaksinasi perdana ini, dinas pertanian kabupaten Gresik, memprioritaskan ternak di empat wilayah kecamatan, yang berstatus zona hijau.

vaksinasi perdana ini, lebih difokuskan kepada ternak sapi yang kondisinya sehat. Langkah ini, untuk meningkatkan daya tahan sapi, sehingga terhindar dari penularan virus PMK.

Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani, yang memimpin vaksinasi di wilayah Gresik Utara dan Selatan, mengatakan, pada vaksinasi perdana ini, Gresik mendapatkan  pasokan sebanyak 3.000 dosis vaksin dari Pemprov Jatim.

Jumlah vaksin ini, lanjutnya, belum mampu menjangkau seluruh kebutuhan vaksin sapi di Gresik. Namun, lanjut, Gus Yani, sapaan Fandi Akhmad Yani, dirinya a optimistis akan mendapatkan vaksin tambahan sesuai kebutuhan. "Setidaknya vaksinasi tahap pertama ini, akan efektif meminimalisir penyebaran virus PMK di Gresik," harapnya.

Karena itu, Gus Yani meminta kepada peternak di Gresik, untuk tetap menjaga kebersihan kandang dan pakan. "Apabila ada gejala sakit diharapkan langsung diperiksakan di dokter hewan yang disiapkan Pemkab Gresik," ujarnya.

Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Gresik Eko Anindito Putro mengatakan sebanyak 3.000 dosis vaksin akan disebar di Gresik Selatan sebanyak 2.000 dosis dan wilayah Gresik Utara sebanyak 1.000 dosis."Ditarget maksimal tanggal 4 bulan depan, sudah habis vaksinnya dan sapi yang sudah tervaksin ada tanda pin yang ada barcodenya," kata Eko.

Setelah vaksin pertama, lanjutnya, ternak sapi akan mendapatkan vaksin dosis dua. Selanjutnya, enam bulan kemudian ternak sapi kembali mendapatkan vaksin dosis tiga alias booster.
"Yaa, seperti vaksinasi COvid-19," pungkasnya.

Editor : Agus Ismanto

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network