Lunasi PBB Tepat Waktu, 124 Desa dan Kelurahan Di Gresik Meraih Penghargaan

Agus Ismanto
Penghargaan ini sebagai wujud apresiasi kepada OPD, kecamatan , kelurahan dan petugas lapangan atas kinerja dan tanggungjawabnya melaksanakan tugas

GRESIK, iNews.id-   Sebanyak 124 desa dan kelurahan di Kabupaten Gresik meraih dari bupati Gresik Fandi Akhmad Yani atas kinerjanya membayar Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) tepat waktu.  Anugerah penghargaan di Bulan Panutan PBB 2022 dilaksanakan di Hotel Asron Inn Gresik, Senin (13/12/2022). 

Bupati Gresik, Fandi Akhmad Yani, mengatakan perolehan Surat Ketatapan Pajak (SKP) pada tahun 2022 mencapai Rp 147,7 Miliar atau meningkat sebesar 105 persen dari target yang direncanakan sebesar Rp 140 Miliar. 

“Penghargaan ini sebagai wujud apresiasi  kepada OPD, kecamatan ,  kelurahan dan petugas lapangan atas kinerja dan tanggungjawabnya melaksanakan tugas,” ujar Bupati Gus yani.

Adapun, 124 desa dan kelurahan yang mendapatkan penghargaan tersebar di 16 dari 18 kecamatan. Sedangkan,  2 kecamatan yang belum melunasi PBB hingga akhir tahun 2022 yakni kecamatan Menganti dan Driyorejo. 

“Ini menunjukkan peningkatan kesadaran masyarakat berpartisipasi dalam pembangunan untuk kemajuan kotanya, diantaranya untuk Universal Health Coverage (UHC), Bunda Puspa, PKH Inklusif, dan sebagainya." ujarnya.

Bupati Gus Yani mengungkapkan para kepala desa harus  terus  mengembangkan inovasi  terhadap program yang menjadi prioritasnya.  Para kepala desa ini harus memahami betul arah pembangunan. Tentukan apa yang menjadi prioritas di desa. 

“Maka dalam menyusun program pembangunan ke depan harus lebih jelas dengan penetapan skala prioritas di desanya," tegasnya.

Diinformasikan,  penghargaan taat pajak ini juga diberikan kepada 21 perusahaan di antaranya PT Suritani Pemuka,  PT Unichemcandi Indonesia, PT  PLN PJB II UP. Gresik, PT  Dayasa Aria Prima, PT Sumber Mas Indah Plywood.

Kemudian PT. Wilmar Nabati Indonesia, PT Petrokimia Gresik, PT Emdeki Utama, Tbk, PT Platinum Keramics Industri, PT Smelting (Pelabuhan), PT Pertamina Pabrik Aspal, PT  Bahagia Steel, PT Multi Manua Ina/Ester.

Serta  PT  Kawasan Industri Gresik, PT Indospring, Tbk II, PT Aplus Pacipic, PT Surabaya Meka Box, PT Putera Rackindo Sejahtera, PT Adya Buana Persada, PT  Semen Indonesia (Persero), Tbk, dan PT  PN Garam.

Penghargaan tahunan ini, dihadiri Wakil Bupati Gresik Aminatun Habibah, Ketua DPRD Gresik Muhammad Abdul Qodir, jajaran Forkopimda, Ketua TP PKK Gresik Nurul Haromain Ali Akhmad Yani, Ketua DWP Gresik Siti Qomariyah Ahmad Washil, para Asisten, Kepala OPD Gresik, Camat se Kabupaten Gresik, serta Kepala Desa dan Lurah yang menerima penghargaan.
 

Editor : Agus Ismanto

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network