Mudahkan Masyarakat Mengurus SIM, Satlantas Polres Gresik Bagikan Buku Soal Tes Ujian SiM

Agis
Satlantas Polres Gresik membagikan buku bank materi soal tes teori pembuatan surat izin mengemudi (SIM)

iNewsGresk.id- Satlantas Polres Gresik membagikan buku bank materi soal tes teori pembuatan surat izin mengemudi (SIM). Buku ini dibagikan secara gratis kepada masyarakat pengguna jalan yang melintas di sejumlah luas jalan di antaranya di Jalan Raya Panglima Sudirmam, Jalan Raya Veteran, Kecamatan Kebomas, Kabupaten Gresik.

Kasat Lantas Polres Gresik, AKP Agung Fitriansyah, mengatakan buku tersebut terdapat Barcode berisi materi ujian teori SIM . "Tujuanya untuk memudahkan pemohon mengurus SIM, mengedukasi masyarakat mengenai rambu-rambu lalu lintas dan tata tertib berlalu lintas di jalan raya," ujarnya di sela kegiatan sosialisasi, Rabu (16/8/2023). 

Barcode tersebut, lanjut AKP Agung Fitriansyah juga berisikan informasi tugas pokok dan fungsi seluruh unit lantas, mekanisme, denah Satpas Polres Gresik. Menurutnya, edukasi terutama mengenai E-Book Unit Regident, E-Book ujian teori, E-Book Tujawali gakkum dan Kamsel agar memudahkan masyarakat dalam memahami fungsi Lantas.

"Aplikasi ini diharapakan masyarakat mendapat wawasan dalam berlalulintas kepada masyarakat,dapat memudahkan dalam pengurusan SIM juga menekan angka lakalantas yang ada di Kabupaten Gresik. Dengan hanya scan barcode maka masyarakat akan mendapatkan informasi dengan mudah," jelasnya.

Dikatakanya, langkah ini juga untuk menyebarluaskan informasi tentang perubahan sirkuit uji praktik SIM C. Di antaranya penghilangan lintasan angka 8 dan zig zag diganti dengan lintasan berbentuk huruf S. Tujuanya untuk memudahkan pemohon sim C. 

"Semoga dengan langkah ini masyarakat lebih mudah memahami dan disiplin berlalu lintas di jalan raya. Sehingga bisa menekan angka kecelakaan lalu lintas," tambahnya. 

Inovasi Satlantas Polres Gresik mendapat tanggapan positiv masyarakat pengguna jalan. Menurutnya, informasi berbentuk barcode tersebut, adalah salah satu inovasi yang bisa membantu mereka dalam menaati peraturan berlalu lintas. 

"Ini baru bagus. Saat ada perubahan sistem, langsung diinformasikan kepada masyarakat. jadi, gak ketinggalan informasi bahagia ini" kata Bagus, salah satu pengendara roda dua di Jalan Panglima Sudirman, Gresik.  

Hal senada disampaikan Umar, pengendara motor  sal Jalan Veteran Gresik. Ia baru mengetahui bahwa polisi lalu lintas memiliki tugas masing-masing dalam menjaga ketertiban berlalu lintas.

" Menurut saya ini sangat keren. Jadi, saya sebagai masyarakat bisa tahu tentang apa aja yang ada di lantas Gresik. Kalau sewaktu-waktu butuh kami bisa tahu harus kemana," tutur Umar.

Editor : Agus Ismanto

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network