Tingkatkan Budaya Literasi Siswa, Perpussip Kembangkan Aplikasi Baca Digital

ashadi ik
Ilustrasi aplikasi baca digital dari Dinas Perpussip Gresik

GRESIK, iNews.id – Kabar gembira bagi orang tua siswa di Kabupaten GresikDinas Perpustakaan dan Kearsipan (Perpussip) Gresik membuat aplikasi baca digital, iGresik untuk penguatan budaya literasi siswa.

Aplikasi itu bisa didownload play store. Sehingga para siswa dan masyarakat umum bisa membaca buku lewat gadget maupun handphone. Mulai buku pelajaran tingkat SD, SMP, dan SMA. Bahkan buku referensi kuliah maupun buku bacaan novel, cerpen maupun buku umum.

Sekretaris Dinas Perpussip Gresik, Miftachul Huda menjelaskan, cara mengaksesnya cukup memasukkan email aktif. Sistemnya pun sama layaknya mendatangi perpustakaan. Setelah membuka aplikasi dan memilih buku yang dipilih, pengguna secara langsung melakukan peminjaman buku. Isi buku didownload secara online.

“Setelah proses download buku bisa dibaca secara offline. Setiap user maksimal meminjam 3 buku dalam jangka waktu seminggu,” ujarnya, Senin (13/6/2022). 

Dijelaskan, semua buku yang tersedia sudah melulu izin dari penerbit penulis penulis. Sama halnya buku-buku yang sudah tersedia di aplikasi yang diterapkan Perpustakaan Nasional Republik Indonesia.

Huda menyebut, di aplikasi yang sudah berjalan sejak tahun 2020 itu sudah ada 2. 644 judul buku, dan 8.000 eksemplar. Kendati demikian aplikasi perpustakaan ini masih butuh peningkatan lagi. Karena akses aplikasi, sementara masih untuk pengguna sistem android dan komputer. 

“Untuk sistem di iOS belum mendukung. Namun setiap tahunnya sejak aplikasi ini tersedia, ada peningkatan user setiap tahun. Dari jumlah user 10, 20, perlahan bertambah 30 sampai 40 user sehari,” pungkas dia.

Editor : Ashadi Ikhsan

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network