Tim Penilai lomba SP2K Jatim 2022 melakukan tinjau Lapang di Pendopo Kecamatan Pamekasan.

Finalis 5 Besar, Kecamatan Pamekasan “Pecah Telur” Setelah 12 Tahun Ikut Seleksi SP2K Jatim

Agus Ismanto

GRESIK, iNews.id - Pemerintah kecamatan Pamekasan, kabupaten Pamekasan berhasil tampil menjadi finalis 5 besar di ajang lomba Sinergitas Penyelenggaraan Pemerintahan Kecamatan (SP2K) Tingkat Provinsi Jawa Timur Tahun 2022.

Keberhasilan kecamatan Pamekasan, menjadi menjadi momen istimewa bagi kabupaten berjuluk 'Kota Gerbang Salam'. Pasalnya, selama 12 kali mengikuti perhelatan SP2K, baru pada tahun berhasil lolos. 

“Alhamdulillah. Berkat sinergisitas semua unsur, maka kita bisa membuktikan bahwa Pamekasan Hebat bukan hanya slogan semata,” ujar camat Pamekasan,Rahmat Kurniadi Suroso saat menyambut tim penilai SP2K dalam Tinjau Lapang lima kecamatan terbaik di Pendopo Kecamatan Pamekasan, Jumat (25/11).

Pemerintah kecamatan Pamekasan memiliki sejumlah program unggulan di antaranya  pengelolaan BUMDes dan pemanfaatan limbah rumah tangga perkotaan. 

BUMDes Delta Mulia, peraih juara 3 Lomba BUMDes tingkat provinsi Jawa Timur tahun 2020.  BUMDes yang mengelola pasar desa dengan omzet bulanan sekira 130 juta menjadi pengungkit pengembangan BUMDes lain. 

“Akuntabilitas pengelolaan keuangan menjadi satu aspek yang paling menonjol dan diakui para pedagang di pasar,” ujar Ari Diliyanto dari Bidang Bina Pemdes DPMD Jatim.

Program unggulan lain yakni pengelolaan sampah. Salah satunya dikelola melalui TPS3R (Tempat Pengelolaan Sampah Reduce Reuse Recycle) Mitra di Desa Patemon. 

Volume sampah bulanan di TPS ini mencapai 51 ton. Dari jumlah itu, bisa diolah dan direduksi sebesar 20 ton. Rincianya sebanyak 4,6 ton sampah organik dan sebanyak 15,4 ton sampah anorganik. Sampah sebesar ini berasal dari 642 rumah tangga dan 15 instansi yang menjadi cakupan layanannya.

Peneliti JPIP, Ahmad Faizin Karimi menekankan adanya penguatan kelembagaan dan pemanfaatan teknologi dalam pemilahan atau pembersihan sampah ini. “Kalau warga bisa membuatnya sendiri justeru lebih bagus. Kan bisa jadi inovasi teknologi tepat guna,” pesannya.

Kunjungan tim penilai SP2K di Kecamatan yang memiliki sebanyak 9 desa dan 9 kelurahan menjadi penutup fase Tinjau Lapang SP2K Jatim 2022. Selanjutnya tim penilai membahas temuan dan menentukan rangking dari lima kecamatan yang dikunjungi.  Editor : Agus Ismanto