get app
inews
Aa
Read Next : Peringati Hari Pangan Sedunia, DLH Gresik Gencarkan Penyediaan Kantin Sekolah Sehat

75 Calon Paskibraka Gresik Mulai Jalani Latihan

Selasa, 19 Juli 2022 | 20:47 WIB
header img
75 Calon Paskibraka akan menjalani serangkaian pelatihan selama 1 bulan di Makodim 0817 Gresik

GRESIK, iNews.id - Sebanyak 75 orang siswa SMA/SMK, calon pasukan pengibar bendera pusaka (Paskibraka), mulai menjalani pemusatan latihan di markas Kodim 0817 Gresik, Selasa (19/7/2022). 

Calon Paskibraka ini, terpilih melalui seleksi tingkat kabupaten yang diikuti perwakilan sekolah di 18 kecamatan di kabupaten Gresik.

Calon Paskibraka ini, akan mendapat kepercayaan menjadi petugas pengibar bendera pada upacara hari ulang tahun (HUT) Republik Indonesia (RI) ke 77 di halaman kantor bupati Gresik, pada 17 agustus 2022 mendatang.

Serka Lukananta, salah satu pelatih calon Paskibraka, mengatakan, 
dalam pelatihan ini,  kedisiplinan menjadi nilai paling penting. Semua calon anggota Paskibraka dituntut untuk kompak dengan calon anggota lainnya. 

"Melatih disiplin itu yang paling berat. Melatih keseragaman, keserempakan menjadi seni yang harus dipertontonkan," ujar Serka Lukananta.

Ia mengatakan, calon Paskibraka akan menjalani latihan ketat selama satu bulan di Makodim 0817 Gresik. Mereka akan menjalani serangkaian pembekalan teori maupun praktek, diantaranya ilmu Pelatihan Baris Berbaris (PBB), ilmu kedisiplinan, mental dan sejumlah pembekalan penunjang. 

"Diharapkan, calon Paskibraka dapat tampil maksimal saat bertugas mengibarkan bendera di upacara peringatan HUT RI,"ujar Serka Lukananta.

Menurut Serka Lukananta, tidak hanya ilmu PBB dan tata cara pengibaran bendera yang baik dan benar. Namun, mereka harus lebih disiplin, dan bermental kuat, "Sehingga tampil kompak dan sempurna, di pelaksanaan HUT Kemerdekaan RI Ke-77," terangnya.

Thoni, calon Paskibraka asal SMK One Mondoluku, kecamatan Wringinanom, mengatakan, bangga terpilih menjadi petugas Paskibraka di upacara HUT RI ke 77. "Saya tidak akan sia-siakan kesempatan emas ini dan akan serius menjalani serangkaian latihan," ujarnya.

Menjadi seorang Paskibraka, lanjut Thoni, tidak dicapai secara instan, tetapi melalui serangkaian latihan yang panjang. Tidak hanya memiliki fisik prima, tetapi juga kepribadian yang baik.

"Semoga mampu menjalankan tugas dengan baik dan sempurna," ujar siswa yang bercita cita menjadi anggota TNI.

Editor : Agus Ismanto

Follow Berita iNews Gresik di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut