Pilkada Gresik 2024, Ini Hasil Survey Elektabilitas tiga 3 Pasangan Calon Bupati

Agis
Tiga Bakal Calon Bupati Gresik yang akan bertarung dalam bursa Pilkada 2024

iNewsGresik.id - Lembaga Survei The Republik Institut merilis hasil survey terhadap 3 Bakal Calon Bupati Gresik yang akan bertarung dalam Pilkada mendatang yakni Fandi Akhmad Yani, dr Asluchul Alif dan M Syahrul Munir.

Survei yang dilakukan pada 1 sampai 10 Juni 2024, menyasar sebanyak 800 orang responden mendapatkan sejumlah temuan. Di antaranya tren elektabilitas calon petahana yang merosot. Meski Demikian, angkanya tetap lebih tinggi dibandingkan 2 calon lain.

Peneliti Utama The Republik Institut, Sufyanto mengatakan hasil survei dengan margin eror 3,46 persen menunjukan elektabilitas 3 calon Kepala Daerah Gresik dalam Pilkada mendatang.

“Elektabilitas Gus Yani di angka 39,2 persen, dr Alif 31,9 persen dan Syahrul 8,7 persen. Sedangkan, responden yang masih belum menentukan piihan atau tidak tahu berada di kisaran 20,2 persen” ungkapnya, Kamis, (4/7/2024).

Hasil tersebut berbeda jauh dibandingkan dengan survei pertama pada periode Desember 2023 hingga Januari 2024. Saat itu, elektabilitas Gus Yani cukup tinggi berada di angka 53,7 persen. Sedangkan, elektabilitas dr Alif di angka 8,1 persen. 

“Untuk Syahrul belum tahu, karena saat survei pertama belum muncul namanya,” ungkapnya.

Sufyanto menyebut tren ini dipengaruhi oleh tingkat kepuasan masyarakat. Sehingga elektabilitas tersebut bisa naik dan turun. “Ada hal-hal yang mempengaruhi elektabilitasnya,” terangnya.

Peneliti lulusan Universitas Airlangga ini menambahkan, kehadiran Syahrul sebagai calon bupati juga tak bisa dianggap remeh. Sebab ketua Fraksi PKB tersebut telah mengantongi sejumlah dukungan dari partai lain yakni PAN, Nasdem  dan partainya sendiri PKB. 

“Elektabilitas Syahrul saat ini di angka 8,7 dan terhitung cukup tinggi, karena namanya baru muncul,” pungkas Sufyanto.

Editor : Agus Ismanto

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network