Banjir dan Tanah Longsor di Bawean, Porak Porandakan Puluhan Bangunan Rumah dan Sekolah

Agus Ismanto
Banjir dan tanah longsor porak porandakan bangunan rumah warga dan sekolah di wilayah kecamatan Sangkapura, Bawean, Gresik.

GRESIK, iNews.id - Puluhan rumah dan satu bangunan sekolah roboh, akibat banjir dan tanah longsor di desa Daun, Kecamatan Sangkapura, Bawean, Kabupaten Gresik, Kamis dinihari, (2/3/2023). Tidak da korban jiwa dalam peristiwa ini, tetapi menimbulkan kepanikan warga, karena banjir terjadi pada dinihari.

Salah satu warga terdampak banjir, Wilfatun mengatakan, banjir terjadi pukul 02.00 dini hari. Banjir dan longsor kali ini, paling parah dibandingkan sebelumnya. Puluhan bangunan rumah dan fasilitas publik rusak diterjang banjir. 

"Sedikitnya 10 bangunan rumah dan sekolah rusak. Sebagian warga terpaksa mengungi ke tempat aman agar terhindar dari banjir," ujarnya ibu satu anak ini.

Wilfatun menambahkan, banjir dan tanah longsor juga terjadi di Desa Sungairujing. Satu bangunan sekolah SDN 357 Gresik rusak. Empat ruang kelas dan kamar mandi siswa gedung sekolah itu ambruk. Longsor juga menimpa di jalan lingkar dekat sekolah tersebut. 

“Tanah retak di rumah warga. Sementara ini ada sekitar empat rumah warga. Juga banjir menerjang desa,” ucap Kades Sungairujing Zainal Abidin. 

Di Desa Gunungteguh, Kecamatan Sangkapura terjadi longsor seperti yang terjadi sebelumnya. Ada 15 rumah terdampak longsor. Pihak desa berharap ada bantuan dari pemerintah kabupaten atas musibah ini.

Sedangkan longsor juga terjadi di Desa Balikterus Kecamatan Sangkapura, sekitar 20 rumah terdampak longsor dari salah bukit di desa tersebut. 

“Satu rumah tempat gudang perabotan alat rumah tangga, rata dengan tanah diterjang banjir serta parkiran balai desa, empat komputer, dan semua meja, arsip tergenang air di Balai Desa. Semuanya rusak, perkiraan kerugian Rp 100 juta,” papar Kades Patar Selamat Salam. 

Di Desa Sawamulya dan Kotakusuma, Kecamatan Sangkapura banjir menerjang beberapa rumah dan sekolah. Bahkan di area pusat Kecamatan Sangkapura, Alun-alun Sangkapura luapan lumpur air berceceran di sepanjang jalan lingkar Bawean dan sekolah yang dekat Alun-alun. 

“250 rumah warga di Desa Kotakusuma terdampak banjir. Sekarang warga masih membersihkan air bercampur lumpur di rumah,” ucap Kades Kotakusuma M Nur Kholis. 

Editor : Agus Ismanto

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network